09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Verifikasi Lapangan, Kemenpan RB Gali Informasi Langsung Melalui Dishub Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 November 2021 12:00

Verifikasi Lapangan, Kemenpan RB Gali Informasi Langsung Melalui Dishub Bojonegoro Kemenpan RB verifikasi lapangan di Kantor Dishub Bojonegoro. (Foto: Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) masuki tahap verifikasi lapangan (verlap). Dalam hal ini tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menggali informasi sedalam-dalamnya ke Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro. Tim Kemenpan RB yang melakukan verifikasi.

Verifikasi dilakukan di dua tempat. Yakni Dinas Perhubungan dan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor di Kecamatan Kapas. Tim disambut oleh jajaran pimpinan dan staf dengan menggelorakan yel-yel pembangunan ZI WBK/WBBM di halaman kantor, serta dihadiri juga oleh tim Inspektur pembantu Reformasi Birokrasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini, tim verifikasi lapangan  melakukan berbagai evaluasi. Dari evaluasi administrasi, evaluasi kecukupan bukti dukung, evaluasi survey (kepuasan masyarakat dan survey persepsi anti korupsi) beserta desk dan lapangan (field) dilakukan sambil berjalan.

Terkait mengapa hanya satu OPD di Bojonegoro yang disurvey hingga kini, Puti menjelaskan belum bisa mengatakan OPD lain gugur atau lolos. "Sebab ada yang sudah keluar survey namun ada yang belum. Dari berbagai tahap evaluasi itu, bisa jadi ada unit yang gugur di salah satu tahap. Serta bisa jadi ada yang lulus namun belum dikumpulkan karena kita terbagi menjadi beberapa tim. Jadi sampai saat ini, kita tidak bisa men-disclosure lulus atau tidak sampai nanti hari H,” paparnya.

Lanjut, Dishub dinyatakan sudah lulus hingga tahap desk yang dilakukan melalui virtual zoommeeting. Sehingga evaluasi lapangan pun dilakukan dan  prosesnya masih panjang. Mulai dari menunggu hasil survey baik dari KPK, Ombudsman, serta instasi terkait informasi sudah sejauh apa.

" Terakhir ada panel. Bisa jadi Dishub Bojonegoro di-compare dengan Dishub Kabupaten lain. Mana yang bagus dan layak jadi percontohan, serta layak menyandang predikat ZI WBK," ucapnya.

Sementara untuk menyandang ZI WBK/WBBM, ditentukan oleh seluruh tim panel. Puti mengatakan, tugas tim kali ini menggali informasi sebanyak dan sedetail mungkin untuk dipresentasikan di depan panel nantinya. Adapun beberapa saran yang disampaikan Tim Kemenpan RB saat verifikasi lapangan di antaranya.

"Kejelasan prosedur dan syarat untuk diletakkan pada spot yang diperlukan untuk pengguna layanan. Lalu terkait peningkatan kinerja. Dishub perlu melakukan terobosan berbeda dari dishub lain, misal terkait keselamatan pengguna transportasi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Andik Sudjarwo, menambahkan Dishub Kabupaten Bojonegoro telah meraih akreditasi A pada September 2021 dari Kementerian Perhubungan. Sementara kebijakan terkait pungli, Dishub telah menyediakan layanan uji KIR online, call center dan spanduk bebas parkir. "Jika ada pengaduan dari masyarakat, foto bukti terlampir maka akan ada tindakan teguran sampai pemutusan hubungan kerja," sambung Andik.

Verifikasi lapangan ini dilakukan setelah dilaksanakannya desk pada empat OPD peserta penilaian ZI berdasarkan surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI nomor : B/254/PW.03/2021 tanggal 12 November 2021 perihal pelaksanaan desk evaluasi zona integritas tahun 2021.

"Ada empat OPD yang sudah melaksanakan desk evaluasi ZI antara lain Badan kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan (BKPP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) hingga RSUD dr. R Sosodoro Djatikoesoemo termasuk pula Dinas perhubungan (Dishub)," pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : Dishub, Bojonegoro, verifikasi, lapangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat