Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Katahui, Penyebab Nyeri Payudara sebelah Kiri

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 December 2021 07:00

Katahui, Penyebab Nyeri Payudara sebelah Kiri

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Nyeri payudara kiri adalah gejala dengan banyak kemungkinan penyebab. Lantas, apa penyebab nyeri payudara sebelah kiri? Mari simak berikut ini penjelasannya.

Prioritas pertama yang perlu Anda lalukan saat mengalami nyeri di payudara kiri yaitu memastikan itu bukan dari gejala penyakit jantung. Umumnya, gejala penyakit jantung cenderung samar sehingga membuat sejumlah orang abai akan tanda-tandanya. Gejala biasanya akan terasa jelas saat kondisi jantung sudah fatal.

Namun, apakah nyeri pada payudara sebelah kiri bagian dari gejala jantung? belum tentu. Sebab, nyeri payudara sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dan tentunya, itu perlu menjadi perhatian agar tahu tindakan yang perlu dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penyebab nyeri payudara sebelah kiri yang penting untuk diketehui melansir dari berbagai sumber, Kamis (23/12/2021).

1. Cedera

Payudara tertutup oleh kulit sensitif dan elastis untuk melindungi saraf, pembuluh darah, jaringan ikat, saluran dan lobus untuk memproduksi ASI.

Jika Anda pernah mengalami cedera payudara, memar dan nyeri dapat berlangsung hingga cedera sembuh. Terkadang cedera pada payudara menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut dapat menyebabkan nyeri.

2. Hormonal

Perubahan hormon dapat menyebabkan nyeri payudara. Misalnya, pada masa fluktuasi siklus menstruasi. Adapun penyebab hormonal lainnya yang membuat nyeri payudara kiri yaitu kontrasepsi oral (pil KB), perawatan infertilitas, dan terapi penggantian hormon.

3. Kanker Payudara

Umumnya, gejala awal kanker payudara tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali anker payudara inflamasim. Adapun gejala yang timbul yaitu nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di payudara.

Kanker payudara pada jaringan payudara wanita terjadi sedikit lebih sering di sisi kiri daripada kanan. Diketahui, satu dari enam wanita dengan kanker payudara mengalami nyeri payudara dalam tiga bulan sebelum diagnosis.

4. Nyeri Dinding Dada

Penyebab nyeri payudara kiri bisa juga karena efek dari nyeri dinding dada. Diketahui, otot-otot dinding dada berada si bawah payudara. Mereka akan kejang saat Anda cemas atau stres dan menyebabkan rasa sakit di dada dan aera sekitarnya yang berlangsung selama beberapa detik atau beberapa hari.

Demikian informasi mengenai penyebab nyeri payudara sebelah kiri yang penting untuk diketahui.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini