19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Gangguan Kecemasan, Bisa Picu Penyakit Berbahaya

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 December 2021 07:00

Waspada Gangguan Kecemasan, Bisa Picu Penyakit Berbahaya Ilustrasi cemas. www.halodoc.com

 

Reporter: --

blokbojonegoro.com - Cemas adalah emosi yang seringkali muncul ketika seseorang mengalami stres. Mengalami stres sesekali memang hal yang wajar dan umumnya pernah dialami hampir semua orang. Namun, ketika tingkat kecemasan yang dialami semakin tidak proporsional, maka keadaannya bisa berubah menjadi gangguan kesehatan yang disebut gangguan kecemasan. 

Gangguan kecemasan merupakan penyakit kesehatan mental yang gejalanya berupa cemas, gugup, khawatir, dan ketakutan yang berlebihan. Kondisi ini bisa mengubah emosi dan perilaku pengidapnya. Bahkan, gejala gangguan kecemasan bisa berkembang menjadi gejala fisik yang berisiko memengaruhi kehidupan sehari-hari. Lantas, apa sih penyebab gangguan kecemasan? Berikut penjelasannya.

Penyebab Gangguan Kecemasan

Banyak sekali faktor pemicu yang menyebabkan timbulnya gangguan kecemasan. Berbagai penyebab gangguan kecemasan dapat terjadi secara bersamaan atau salah satu penyebab muncul akibat dipicu oleh penyebab lainnya. Kemungkinan penyebab gangguan kecemasan dapat berupa

Keadaan lingkungan, seperti kesulitan di tempat kerja, masalah hubungan, ataupun masalah keluarga.

Keadaan medis, seperti mengidap penyakit tertentu, efek samping dari obat, stres karena operasi, ataupun masa pemulihan yang cukup lama.

Reaksi kimia otak yang timbul akibat ketidakselarasan hormon dan sinyal listrik di otak.

Mencoba berhenti menggunakan zat terlarang yang bisa memicu penyebab kecemasan lainnya.

Faktor genetika, di mana anggota keluarga pengidap memiliki riwayat gangguan kecemasan.

Awal timbulnya gangguan kecemasan pada setiap orang dapat berbeda-beda. Gejalanya dapat mulai muncul pada masa kanak-kanak, remaja, ataupun saat sudah menginjak dewasa. Gejala gangguan kecemasan bisa berupa:

-Merasa gugup, gelisah, ataupun tegang.

-Selalu merasa akan ada bahaya yang akan datang.

-Mengalami panik secara tiba-tiba.

-Detak jantung meningkat.

-Bernapas dengan cepat (hiperventilasi).

-Berkeringat.

-Gemetaran.

-Merasa lemah atau lelah.

-Sulit berkonsentrasi atau memikirkan hal lain selain kekhawatiran saat ini.

-Kesulitan tidur.

-Mengalami masalah gastrointestinal.

-Sulit mengendalikan rasa khawatir.

-Punya keinginan untuk menghindari hal-hal yang memicu kecemasan.

Bagaimana Mengobati Penyakit Gangguan Kecemasan?

Ketergantungan alkohol, depresi, atau kondisi lain terkadang memiliki efek yang kuat pada kesehatan mental, sehingga mengobati gangguan kecemasan harus menunggu sampai semua kondisi yang mendasarinya dikendalikan. Pengobatan gangguan kecemasan bisa terdiri dari kombinasi psikoterapi, terapi perilaku, dan pengobatan. 

Dalam beberapa kasus, pengidap dapat di rumah tanpa pengawasan klinis. Namun, perawatan rumahan mungkin tidak efektif untuk gangguan kecemasan yang bersifat parah atau jangka panjang. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi gangguan kecemasan yang masih dalam skala ringan

1. Manajemen Stres

Mengelola stres dengan baik dapat mencegah timbulnya pemicu kecemasan. Bagaimana cara mengelolanya? Kamu bisa mengatur waktu yang dikombinasikan dengan membuat daftar tugas yang sekiranya cukup sulit agar lebih mudah dikelola. Selain itu, ambilah cuti dari belajar atau bekerja yang sudah cukup membuat kamu stres. 

2. Teknik Relaksasi

Kegiatan sederhana dapat membantu meminimalisir tanda-tanda mental dan fisik dari kecemasan. Teknik-teknik ini termasuk meditasi, latihan pernapasan dalam, spa, beristirahat dan yoga.

3. Melatih Pikiran

Buatlah daftar pikiran negatif yang mungkin memicu timbulnya kecemasan. Setelah itu, tulis daftar lain di sebelahnya berisi pikiran positif yang dipercaya dapat menggantikan pikiran-pikiran negatif tersebut. 

4. Mencari Dukungan

Berbicaralah dengan orang-orang terdekat yang sudah dikenal guna mendapat dukungan dari mereka, seperti anggota keluarga atau teman. Kelompok pendukung mungkin juga bisa kamu temui di area lokal dan online.

5. Berolahraga

Aktivitas fisik dapat meningkatkan citra diri dan melepaskan bahan kimia di otak yang memicu perasaan positif.

Sumber: halodoc.com

Tag : Cemas, perasaan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat