09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sensitif dan Mudah Emosi, Kenali Perubahan Psikologis Pada Ibu Hamil

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 December 2021 07:00

Sensitif dan Mudah Emosi, Kenali Perubahan Psikologis Pada Ibu Hamil

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kehamilan adalah masa yang paling membahagiakan bagi setiap perempuan yang telah menikah. Meski begitu, akibat perubahan yang terjadi pada tubuhnya, ibu hamil kerap mengalami perubahan psikologis yang kadang membingungkan.

Pada trimester pertama, perubahan hormon di dalam tubuh biasanya akan memengaruhi kondisi psikologis ibu hamil. Selain mudah merasa lelah, ibu hamil juga cenderung mudah kesal, marah, dan emosi akibat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya.

“Emosi itu tidak hanya marah, ya. Ada emosi cemas, sedih, dan senang. Merasa bahagia pun juga terjadi pada wanita, tapi kadang muncul rasa cemas tertentu,” ungkap Psikolog Bianglala Andriadewi, M.Psi dalam acara Kenali Tanda Bahaya Kehamilan, Jumat (17/12/2021).

“Dan juga muncul pikiran negatif, seperti 'Bagaimana dengan kondisi kesehatan kandungan'. Selain itu, di trimester pertama yang paling mengkhawatirkan itu risiko keguguran,” ungkapnya lebih lanjut.

Hal lain yang memengaruhi kondisi psikologis ibu hamil adalah saat ia memikirkan kondisi finansial. Bagi orangtua yang sudah memiliki rencana finansial dengan baik, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tetapi, berbeda dengan kondisi seseorang yang belum siap secara finansial. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang tidak diinginkan, yang menyebabkan perempuan tersebut masih belum siap.

“Mungkin ada situasi seperti kayak hamil yang tidak direncanakan, jadi itu muter otak banget. Karena namanya ibu dan ayah, kita ingin banget kasih yang terbaik untuk anak-anaknya,” lanjut Bianglala Andriadewi.

“Ketika ada perubahan pada tubuh ibu hamil, yang tadinya badannya langsing kemudian pelan-pelan membesar tubuhnya, ada rasa kekhawatiran terkait citra tubuhnya. Kayak ‘Kalau aku nggak cantik lagi gimana?’, ‘Kalau badan aku melar gimana?’ Mungkin di trimester pertama belum terlihat, tapi di trimester kedua dan ketiga itu semakin kelihatan, sehingga memicu kecemasan,” pungkasnya.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat