13:00 . Oleng, Truk Tronton Tabrak Dua Pemotor di Balen   |   12:00 . Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar   |   09:00 . Dikenal Cerdas Sosok Prof Widodo di Mata Teman SMAnya   |   07:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Katahui, Penyebab Nyeri Payudara sebelah Kiri

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 December 2021 07:00

Katahui, Penyebab Nyeri Payudara sebelah Kiri

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Nyeri payudara kiri adalah gejala dengan banyak kemungkinan penyebab. Lantas, apa penyebab nyeri payudara sebelah kiri? Mari simak berikut ini penjelasannya.

Prioritas pertama yang perlu Anda lalukan saat mengalami nyeri di payudara kiri yaitu memastikan itu bukan dari gejala penyakit jantung. Umumnya, gejala penyakit jantung cenderung samar sehingga membuat sejumlah orang abai akan tanda-tandanya. Gejala biasanya akan terasa jelas saat kondisi jantung sudah fatal.

Namun, apakah nyeri pada payudara sebelah kiri bagian dari gejala jantung? belum tentu. Sebab, nyeri payudara sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dan tentunya, itu perlu menjadi perhatian agar tahu tindakan yang perlu dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penyebab nyeri payudara sebelah kiri yang penting untuk diketehui melansir dari berbagai sumber, Kamis (23/12/2021).

1. Cedera

Payudara tertutup oleh kulit sensitif dan elastis untuk melindungi saraf, pembuluh darah, jaringan ikat, saluran dan lobus untuk memproduksi ASI.

Jika Anda pernah mengalami cedera payudara, memar dan nyeri dapat berlangsung hingga cedera sembuh. Terkadang cedera pada payudara menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut dapat menyebabkan nyeri.

2. Hormonal

Perubahan hormon dapat menyebabkan nyeri payudara. Misalnya, pada masa fluktuasi siklus menstruasi. Adapun penyebab hormonal lainnya yang membuat nyeri payudara kiri yaitu kontrasepsi oral (pil KB), perawatan infertilitas, dan terapi penggantian hormon.

3. Kanker Payudara

Umumnya, gejala awal kanker payudara tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali anker payudara inflamasim. Adapun gejala yang timbul yaitu nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di payudara.

Kanker payudara pada jaringan payudara wanita terjadi sedikit lebih sering di sisi kiri daripada kanan. Diketahui, satu dari enam wanita dengan kanker payudara mengalami nyeri payudara dalam tiga bulan sebelum diagnosis.

4. Nyeri Dinding Dada

Penyebab nyeri payudara kiri bisa juga karena efek dari nyeri dinding dada. Diketahui, otot-otot dinding dada berada si bawah payudara. Mereka akan kejang saat Anda cemas atau stres dan menyebabkan rasa sakit di dada dan aera sekitarnya yang berlangsung selama beberapa detik atau beberapa hari.

Demikian informasi mengenai penyebab nyeri payudara sebelah kiri yang penting untuk diketahui.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat