17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Dukung Budidaya Ayam Petelur BUMDes Kaliombo Purwosari

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 February 2022 19:00

PEPC Dukung Budidaya Ayam Petelur BUMDes Kaliombo Purwosari PEPC Serah Terimakan Program Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Optimalisasi Unit Bisnis Budidaya Ayam Petelur BUMDes Kaliombo Purwosari. (istimewa)

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Banyak program pengembangan yang dapat diterapkan oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) untuk warga masyarakat ring 1 perusahaan. Salah satunya bisa dijumpai pada aspek desa, tepatnya di unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kaliombo, Kecamatan Porwosari.

Dalam upaya peningkatan mata pencaharian perekonomian masyarakat sekitar wilayah operasi, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina telah merealisasikan Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Yakni, program pendampingan budidaya ayam petelur, yang merupakan unit usaha BUMDes Bakti Manunggal di Desa Kaliombo. 

Melalui program ini, BUMDes Bakti Manunggal, Desa Kaliombo mendapatkan berbagai dukungan. Mulai dari pendampingan, revitalisasi kepengurusan BUMDes, penyusunan dan pengesahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BUMDes, serta penyusunan rencana usaha.

Tak hanya itu, pembekalan dan pendampingan analisa kelayakan usaha, pelatihan dan pemagangan budidaya ayam petelur, hingga pemberian bantuan fasilitas kandang budidaya, beserta seribu ekor pullet ayam petelur siap produksi diserap oleh anggota BUMDes Bakti Manunggal.

JTB Site Office & Manager PEPC, Edy Purnomo berharap agar warga di Kaliombo saling bahu-membahu dan turut serta mengembangkan program ayam petelur ini. Supaya manfaatnya dapat semakin dirasakan secara luas. Dengan berkembangnya program ayam petelur di desa ini, tentu akan memberikan pendapatan yang lebih besar pada BUMDes.

"Kalau program ayam petelur ini semakin berkembang, kan keuntungan BUMDes juga akan bertambah, pada gilirannya manfaatnya akan dirasakan oleh warga desa sendiri. Sekali lagi, mari kita bersama-sama untuk memajukan usaha ini," ungkap Edi berseru.

Kepala Desa Kaliombo, Rohmat Edi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada PEPC JTB, sebab telah banyak memberikan dukungan terhadap warga masyarakat di Desa Kaliombo dalam upaya peningkatan sumber daya ekonomi di desanya.

"Bapak-Bapak dan Ibu sekalian, kita harus bersyukur karena PEPC selalu memberikan perhatian kepada warga di sini. Sebelumnya, PEPC sudah memberikan support untuk peningkatan perekonomian ke BUMDes Kaliombo berupa ruko. Dan sekarang ini, PEPC kembali lagi mendukung usaha BUMDes kita berupa sarana dan prasarana kandang ayam sekaligus ayam petelurnya. Sebagai bentuk terima kasih dan tanggung jawab kita. Mari bersama-sama kita jaga dan kembangkan," ujar Rohmat Edi.

Program yang diinisiasi oleh PEPC Zona 12 ini merupakan Program Pengembangan Masyarakat yang telah disetujui oleh SKK Migas, yang dalam pelaksanaannya PEPC Zona 12 bermitra dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat yang memiliki pengalaman dalam pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi.

Laily Mubarokah, dari IDFoS Indonesia sebagai pelaksana program menyampaikan bahwa di BUMDes Kaliombo sekarang sudah ada ayam petelur sejumlah 1000 ekor. Menurutnya, beberapa minggu ke depan ayam di kandang akan mulai bertelur dan berproduksi.

Laily berharap pengurus BUMDes Bhakti Manunggal semakin solid dalam menjalankan usahanya sehingga dapat lebih maju.

"Kami berharap warga di sini dapat bersinergi dengan BUMDes agar kita semua dapat sejahtera bersama dengan usaha ini, dan nantinya tidak perlu jauh-jauh ke pasar kecamatan untuk beli telur, karena dapat beli di BUMDes setempat," kata Laily. 

Budidaya ayam petelur sebagai salah satu unit usaha BUMDes, merupakan hasil dari analisa kelayakan usaha dengan partisipasi aktif dari masyarakat penerima program yang kemudian disepakati bersama melalui Musyawarah Desa (Musdes) Kaliombo.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri hulu migas, PEPC Zona 12 sangat memperhatikan aspek Environmental Social Governance (ESG). Sejak tahun 2019 hingga saat ini terdapat 4 BUMDes dampingan PEPC pada program peningkatan mata pencaharian masyarakat. Melalui program budidaya ayam petelur ini pun, telah berhasil mengembangkan tidak kurang dari 9.700 ekor ayam petelur sebagai unit bisnis BUMDes di empat desa.

Rangkaian kegiatan program tersebut kemudian diakhiri dengan laporan pertanggungjawaban secara publik sebagai bentuk transparansi pelaksanaan program, dan ditutup dengan kegiatan serah terima program yang dilaksanakan di Balai Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, pada Senin (07/02/2022) lalu.

Upacara serah terima program juga disaksikan oleh perwakilan Kecamatan Purwosari, perwakilan Polsek dan Koramil Purwosari, tokoh masyarakat Desa Kaliombo, BPD, Pengurus RT dan RW, Karang Taruna, TP PKK Desa Kaliombo, para pengurus BUMDes Kaliombo, berikut staf IDFoS Indonesia. [feb/lis]

 

 

 

 

Tag : Pepc, BUMDes, kaliombo, warga, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat