19:00 . Laka Beruntun, Sebabkan Ibu dan Anak di Bojonegoro Meninggal   |   18:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Batik Dolokgede Sempat Tak Bisa Bayar Karyawan   |   17:00 . Prodi D3 Kebidanan ISTeK ICsada Bojonegoro Resmi Terakreditasi Sangat Baik   |   16:00 . Kabid PIKP Kominfo Bojonegoro Diperiksa Polisi, Dugaan Penyalahgunaan Wewenang   |   14:00 . Sempat Terseok Dihantam Pandemi, Anyaman Bambu Milik Parsi Tetap Bertahan   |   13:00 . Jemaah Haji 8 Hari di Madinah, Selebihnya di Makkah Hingga Maktab di Raudhah   |   10:00 . Meriahnya Kegiatan Pencanangan BBGRM di Desa Plesungan   |   09:00 . Bojonegoro Miliki 2 RPH Bersertifikat Halal   |   07:00 . Polisi Amankan Belasan Motor Berknalpot Brong, Langsung Ditilang Manual   |   06:00 . STAI ATTANWIR Bojonegoro Gelar Sekolah Jurnalistik   |   20:00 . Per Juni Kecepatan KA Bertambah 105 Km/Jam   |   18:00 . Naikkan Mood, Baca Dulu Apa Kata Zodiakmu Hari ini   |   15:00 . Mulai Beroperasi, Commuter Line Bojonegoro-Sidoarjo Berkapasitas 432 Orang   |   14:00 . Ibu Rumah Tangga Bonorejo Berkreasi dan Berwirausaha Lewat Rajutan   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Rencanakan Pembangunan 170 Kilometer Jalan Lewat Dana BKK   |  
Tue, 06 June 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Stok Minyak Goreng di Pasar Tradisional Langka, Ini Kata Pelaku UMKM

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 February 2022 17:30

Stok Minyak Goreng di Pasar Tradisional Langka, Ini Kata Pelaku UMKM Stok minyak goreng di Pasar Tradisional Bojonegoro langka. (Lizza/blokbojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, kelangkaan minyak goreng seharusnya tidak terjadi. Sebab, secara hitungan, kebutuhan minyak goreng masyarakat Jawa Timur yang mencapai 59.000 ton per bulan. Angka itu mampu terpenuhi dengan kapasitas produksi pabrik yang mencapai 62.000 ton per bulan. Artinya, terdapat surplus sebesar 3.000 ton.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi minyak goreng per 1 Februari 2022. Satu liter minyak goreng curah dihargai Rp11.500. Minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp13.500 per liter dan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter.

Pantauan blokBojonegoro.com sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Bojonegoro kesulitan mendapatkan pasokan minyak goreng akibat ketersediaan di sejumlah ritel modern dan pasar tradisional yang terbatas.

Seperti yang diungkapkan oleh Dani, pedagang kelontong di Pasar Tradisional Bojonegoro, persediaan minyak goreng kemasan berbagai merek sudah langka di pasaran sejak seminggu ini.

"Minyak goreng curah kemarin jual Rp13.200 sekarang stoknya habis. Ada orang-orang yang punya stok lama dan justru menjualnya lebih mahal," ungkap Dani.

Hal senada disampaikan oleh Arien salah satu pedagang/grosir di Pasar Tradisional Bojonegoro, persediaan minyak goreng tetap ada. Hanya saja para pedagang mendapatkan pengurangan jatah dari distributor.

"Biasanya saya mendapat jatah minyak goreng kemasan per item bisa 10-15 dus. Saat ini distributor melalui sales, per item hanya mendapat jatah 5 dus saja. Itupun dalam prakteknya saya sering mendapat 2 dus saja, bahkan setiap ada distribusi minyak goreng kemasan datang dalam hitungan jam ludes," papar Arin.

Di lokasi yang berbeda, blokBojonegoro.com mencoba mendatangi salah satu lokasi produksi tahu terbesar di Kabupaten Bojonegoro, menurut penuturan Bu Mur/Produsen Tahu Ledok, adanya campur tangan Pemerintah Pusat terkait pengendalian harga minyak goreng atau kebijakan satu harga, produsen tahu turut gembira. Namun, disayangkan adanya kurang kontrol distribusi minyak goreng ke daerah-daerah.

"Kondisi seperti ini, tentu sangat merugikan. Karena hampir semua UMKM mengunakan minyak goreng dalam proses produksi. Terlebih informasinya stok kosong antara 5 hingga 7 hari ke depan, sehingga berdampak pada perputaran ekonomi pelaku UMKM," sambung Bu Mur.

Lanjut Bu Mur, akibat kelangkaan minyak goreng di pasaran untuk mengantisipasi sekaligus memenuhi stok produksi setiap harinya. Ia bahkan menyetok beberapa kemasan untuk beberapa hari ke depan.

"Sekali goreng tahu saja kadang butuh sekitar 25 liter minyak goreng, jadi saya punya stok untuk hari ini dan besok saja. Malangnya ada beberapa produsen yang sudah terlanjur produksi tahu mentah. Tetapi stok minyak goreng menipis, sehingga tidak bisa digoreng. Tahu mentah hanya bisa bertahan 24 jam," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : Harga, minyak, langka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat