Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dampak Minyak Goreng Langka, Pedagang Memilih Libur Hingga Stok Produksi Dikurangi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 February 2022 20:00

Dampak Minyak Goreng Langka, Pedagang Memilih Libur Hingga Stok Produksi Dikurangi Penjual jajanan yang menggantungkan produksinya pada minyak goreng. (Foto: Doc. blokBojonegoro.com)

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kelangkaan minyak goreng (migor) juga terjadi di Kabupaten Bojonegoro. Pantauan blokBojonegoro.com, Rabu (16/02/2022) sejumlah pasar tradisional maupun ritel modern tampak  diserbu beberapa pengunjung yang membutuhkan minyak goreng. Baik untuk persediaan rumah tangga maupun produksi pedagang.

[Baca juga: Polres Bojonegoro Akan Tindak Tegas Penimbun Minyak Goreng ]

Langkanya minyak goreng juga berpengaruh besar terhadap stabilitas perekonomian para pedagang gorengan. Dampaknya beberapa pedagang terpaksa mengurangi jatah produksinya, hingga terpaksa meliburkan dagangannya.

Seperti yang tengah dialami oleh Maftukhah penjual olahan keripik asal Kecamatan Kalitidu, mengungkapkan  jika dahulu produksi keripik olahannya beragam. Kini akibat langkanya stok minyak goreng di pasaran, ia terpaksa harus menyiasati beberapa keripik yang di produksi.

"Sekarang produksinya tinggal keripik balung kuwuk dan pisang. Itupun jatah kemasan produksi juga terpaksa dikurangi, dulu sekali produksi 10 liter dan sekarang 20 liter untuk seminggu," ungkapnya.

Bahkan, langkanya minyak goreng di beberapa pasar tradisional maupun ritel modern Kota Bojonegoro dan sekitarnya. Untuk memenuhi hasil produksi supaya terus berjalan, ia mengandalkan pembelian minyak goreng dengan sistem online.

"Harganya cukup tinggi satu kardus dahulu Rp 250.000, merangkak naik Rp 270.000 dan terakhir Rp 285.000. Terpaksa harus membeli dengan sistem online," tambahnya.

Hal serupa juga dialami oleh Anto, pedagang gorengan di sepanjang Jalan AKBP. Soeroko, Kecamatan Bojonegoro.  Akibat langkanya minyak goreng, ia terpaksa memilih libur dari aktivitas berdagangnya.

"Libur dulu. Stoknya banyak kosong, kalaupun ada yang nyetok sudah pasti harga dari penjualan sangat mahal. Jadi rugi kalau dipaksakan," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : minyak, goreng, bojonegoro, langka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini