10:00 . Perjalanan 100 Tahun   |   09:00 . Live: Resepsi Puncak 1 Abad NU   |   07:00 . Hindari, 4 Kebiasaan Kecil yang Menguras Energi dalam Pikiran   |   20:00 . Alasan Remaja Perlu Aktif di Masjid   |   19:00 . Pencarian Hari ke-6, Korban Belum Ditemukan   |   18:00 . 430 PKD Bojonegoro Dilantik   |   14:00 . Perpres Media Sustainability, Ikhtiar untuk Ekosistem Pers Berkeadilan   |   13:00 . Wacana Kenaikan BPIH, Wamenag RI: Kenaikan Biayanya Tak Banyak   |   11:00 . Kemenag Terbitkan Rencana Perjalanan Haji 2023, Ini Rangkaiannya   |   10:00 . Satu Abad NU, PC ISNU dan PC PMII Bojonegoro Gelar Istighotsah Bersama   |   09:00 . Berikut Kumpulan Link Twibbon 1 Abad NU, Tinggal Klik!!   |   08:00 . Meriahnya Gemerlap Thamrin Bojonegoro   |   07:00 . Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kita Dibenci Orang Lain   |   23:00 . Ratusan Santri dan Wali TPQ Annur Doakan NU Jaya   |   20:00 . Drone Malam Gemerlap Thamrin Bojonegoro   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Atasi Rendahnya Mutu Literasi, NU Circle Kembangkan Sinergi Penta-helix

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 June 2022 17:00

Atasi Rendahnya Mutu Literasi, NU Circle Kembangkan Sinergi Penta-helix Ketua Umum NU Circle Dr.R. Gatot Prio Utomo (tiga dari kiri) dalam sebuah pertemuan.

 

Reporter: Parto Sasmito

blokbojonegoro.com - Untuk mengatasi rendahnya mutu literasi numerasi di Indonesia, Jaringan masyarakat profesional santri NU Circle menggerakkan sinergi pentahelix. Sinergi pentahelix melibatkan lima elemen kunci yaitu masyarakat, dunia usaha dan industri, akademisi, pemerintah, dan media. 

“Rendahnya mutu literasi numerasi di Indonesia tidak bisa hanya diatasi oleh pemerintah. Ini terbukti dengan rapor literasi Indonesia masih sama seperti kondisi 20 tahu silam. Semua pihak harus bersinergi, bersama-sama, bergandengan tangan memperbaiki rendahnya kompetensi literasi anak Indonesia,” tegas Ketua Umum NU Circle Dr.R. Gatot Prio Utomo di Jakarta Selasa (21/6/2022). 

Seperti diketahui, hasil skor Programme for International Students Assessment (PISA) tahun 2018 yang diumumkan tahun 2019 kembali menempatkan posisi Indonesia pada peringkat yang rendah yakni peringkat 74 dari 79 negara. Skor PISA Indonesia lebih rendah dari rata-rata skor internasional. Rata-rata skor siswa Indonesia dalam membaca 371, matematika 379, dan sains 396. Capaian ini masih di bawah rata-rata 79 negara peserta PISA yakni 487 untuk membaca, 489 untuk matematika dan sains. 

Menurut Gus Pu, sapaan Gatot Prio Utomo, hasil PISA menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa Indonesia tidak mampu mencapai level 2 dalam framework PISA. “Ini sangat mengkhawatirkan. Sebab hanya 23%, siswa usia 15 tahun (setara kelas akhir SMP atau kelas awal SMU), dari seluruh negara peserta PISA yang tidak masuk level 2 ini,” tegas Gus Pu. 

Melihat situasi ini, NU Circle mengembangkan sinergi program pentahelix di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Sinergi dibangun untuk “mengeroyok” peningkatan kompetensi guru. Sesuai rekomendasi PISA, peningkatan mutu guru diharapkan mampu meningkatkan kompetensi literasi siswa Indonesia.  

Dengan program Gernas Tastaka, NU Circle menggandeng PT Bukit Asam sebagai penyandang dana, Universitas Sriwijaya yang mengambil peran akademisi dan penamping belajar guru, Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim yang berperan regulasi dan penyedia guru, serta Organisasi Profesi Guru dan Media. 

“Tahun pertama, sinergi pentahelix di Kabupaten Muara Enim berhasil menggerakkan 80 sekolah dasar di seluruh Kabupaten dan memberi Kredit 3 SKS bagi 20 mahasiswa Universitas Sriwijaya. Langkah awal ini sangat membanggakan guru-guru di daerah yang selama ini jarang tersentuh program peningkatan mutu literasi,” tegas alumni UI ini. 

Ke depan, sinergi Pentahelix seperti ini akan dilaksanakan di sejumlah daerah. “NUC berhasil membangun sinergi di Muara Enim. Bisa dilihat dan dikonfirmasi terutama kepada guru dan siswa yang mendapat manfaat langsung dari program ini. Indonesia membutuhkan sinergi semacam ini. NUC akan terus merajut benang kebangsaan untuk meningkatkan mutu guru dan menyiapkan generasi emas Indonesia 2045,” ujarnya. [lis]

 

 

Tag : Ekonomi, migas, literasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more