08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |   08:00 . Bedug Raksasa Replika Pendowo Purworejo   |   07:00 . Alquran Raksasa di Masjid Agung Jawa Tengah   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 July 2022 14:00

Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Bulan Dzulhijjah adalah bulan mulia, bulan pelaksanaan ibadah haji serta perayaan Iduladha. Banyak amalan-amalan yang bisa umat Muslim lakukan untuk memperoleh keutamaan bulan penuh berkah ini. 

Di antara amalan yang utama pada bulan Dzulhijjah adalah:

1. Ibadah Haji dan Umrah

Bulan Dzulhijjah biasa disebut pula bulan Haji karena pada bulan ini dilaksanakan Wukuf di Padang Arafah sebagai inti dari ibadah Haji. Selain melaksanakan ibadah haji, pada bulan ini juga disunnahkan melaksanakan Umrah. 

2. Berpuasa pada 10 hari pertama

Sebagaimana dikutip dari website www.nu.or.id, Syekh Zakaria al-Anshari (w. 1520 M) dalam Asnâ al-Mathâlib menjelaskan, pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah, disunnahkan untuk berpuasa. Untuk tanggal satu sampai tujuh disunnahkan bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji ataupun tidak, sementara tanggal delapan (hari Tarwiyyah) dan sembilannya (hari ‘Arafah), hanya disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.   

3. Memperbanyak takbir dan dzikir

Rasulullah bersabda “Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”

Maka dari itu disunnahkan memperbanyak takbir dan dzikir serta meninggalkan maksiat dan mengerjakan amal shaleh.

4. Berkurban pada Hari Raya Iduladha dan Hari Tasyrik

Syariat berkurban difirmankan Allah Swt dalam Surah Al-Hajj ayat 32 yang artinya: “Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). 

Secara hukum, para ulama madzab berbeda pendapat, Imam Abu Hanifah mensunnahkan berkurban bagi yang mampu menunaikannya sementara Imam Malik dan Imam Syafi'i menghukumi kurban sebagai Sunnah Muakkad.

Rasullullah Saw semasa hidup dan semenjak syariat kurban diberikan, beliau tidak pernah sekali pun meninggalkan ibadah ini hingga akhir hayatnya. [lis]

Tag : Religi, bulan, Dzulhijjah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat