16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |   13:00 . Viral disosmed, Gadis Diduga Ibu Bayi di Sumberarum, Polisi: Kami Masih Menyelidiki   |   12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Bermitra dengan STIKes ICsada Bojonegoro, Gelar Pelayanan dan Konsultasi Kesehatan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 July 2022 10:00

EMCL Bermitra dengan STIKes ICsada Bojonegoro, Gelar Pelayanan dan Konsultasi Kesehatan Tim Medis STIKes ICsada Bojonegoro sedang melakukan pemeriksaan. (Foto: Humas untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Ratusan warga di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mendapat layanan kesehatan gratis dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Dalam kesempatan tersebut, Operator Lapangan Minyak Banyu Urip dan Kedung Keris ini bermitra dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro dan tim medis dari Puskesmas setempat.

Perwakilan EMCL, Joni Wicaksono, mengatakan, kegiatan dilaksanakan secara bergantian di Desa Brabowan, Begadon, Bonorejo, dan Desa Mojodelik sejak Juni lalu. Empat desa tersebut merupakan desa terdekat di sekitar Lapangan Banyu Urip.

“Hari ini terakhir kita laksanakan di Desa Mojodelik. Kali ini, setidaknya 509 warga dari 4 desa telah mendapatkan layanan dan konsultasi kesehatan dari dokter dan tim media Puskesmas Gayam,” kata Joni Wicaksono, pada Selasa (12/8/2022).

Menurut Joni, kegiatan ini telah dilaksanakan EMCL sejak masa pembangunan Lapangan Banyu Urip. Sejak 2015, pelayanan dan konsultasi kesehatan ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 5.500 warga setempat. Kata dia, setiap sesi selalu melebihi target peserta yang telah direkomendasikan desa.

Program kesehatan ini, kata Joni lebih menekankan pada kampanye kesehatan dan pengenalan industri hulu migas kepada masyarakat. "Selama ini, EMCL melakukan pendampingan kesehatan kepada masyarakat melalui Program Aku Sehat yang bekerja sama dengan STIKes ICsada Bojonegoro," imbuhnya.

Melalui program ini terdapat 1.605 kepala keluarga yang menjadi keluarga binaan (KaBi). Masing-masing KaBi secara rutin dikunjungi oleh tim medis STIKes ICsada Bojonegoro. Kunjungan rutin ke rumah-rumah ini menjadi bagian komitmen EMCL untuk memastikan masyarakat semakin meningkatkan kesadaran kesehatannya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gayam, dr Mahmoed mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh EMCL di bidang kesehatan ini. Menurut dia, upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara kesehatan harus terus dilakukan.  “Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Kolaborasi semacam ini harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Mahmoed mengatakan, dia terus mengikuti kegiatan yang dilakukan EMCL dan STIKes ICsada. Menurutnya, selain harus bisa menjaga kesehatan diri dan lingkungan, masyarakat juga harus rajin memeriksakan kesehatannya.

“Seperti kegiatan pelayanan dan konsultasi kesehatan di Desa Mojodelik ini, masyarakat mendapat pemeriksaan gratis,” tegasnya.

Manajer Program Aku Sehat, Dhamar Arizona Candra Qawiyunda menjelaskan bahwa tim kesehatan dari STIKes ICsada yang menangani program ini menjalankan Pusat Informasi Kesehatan (PIK) di Desa Mojodelik.

Sejak 2015, PIK telah melaksanakan berbagai kegiatan kampanye kesehatan, pendampingan, dan pemeriksaan kesehatan gratis di Kecamatan Gayam, khususnya 4 desa terdekat Lapangan Banyu Urip. Selain itu, tim PIK turut membantu banyak kegiatan masyarakat, khususnya untuk memastikan kesehatan warga.

PIK dilengkapi dengan kendaraan operasional kesehatan dan ambulance yang digunakan ketika kondisi darurat untuk warga. PIK juga memiliki nomor telepon darurat yang bisa diakses warga setiap saat.

“Kami berada di sekitar Lapangan Banyu Urip bersiaga selama 24 jam sambil memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai industri migas, terutama berkaitan dengan Lapangan Banyu Urip,” jelas Damar. [feb/ito]

Warga tampak antusias mengikuti pelayanan dan pemeriksaan. (Foto: humas untuk blokBojonegoro.com)

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

Tag : pelayanan, konsultasi, kesehatan, STIKes ICsada Bojonegoro, ExxonMobil Cepu Limited, EMCL, Banyu Urip



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat