22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

79 Nama ASN hingga Petani di Bojonegoro Tercatut Parpol

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 October 2022 09:00

79 Nama ASN hingga Petani di Bojonegoro Tercatut Parpol

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro mencatat ada 79 nama yang tercatut sebagai anggota Partai Politik (Parpol). Dari 79 tersebut, diantaranya terdapat Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga masyarakat yang kesehariannya sebagai petani.

Namun, pihak KPU Bojonegoro telah melakukan klarifikasi terhadap puluhan nama yang tercatut. Sehingga, nantinya akan dilaporkan ke KPU Pusat untuk dilakukan penghapusan nama-nama tersebut.

Divisi Teknis KPU Bojonegoro, Fatma Lestari mengatakan, terkait dengan tanggapan masyarakat sampai saat ini pihaknya mencatat ada 79 orang yang melaporkan bahwa identitasnya dicatut sebagai anggota partai politik, mereka terdiri dari masyarakat biasa maupun aparatur sipil negara.

"Sementara yang sudah kita dilakukan klarifikasi tanggapan masyarakat ada 49 orang," ujarnya pada Jum'at (7/9/2022).

Dia menjelaskan, terkait dengan tanggapan masyarakat pihaknya masih membuka posko aduan. Masyarakat dapat mengecek melalui laman infopemilu.kpu.go.id, dengan memasukan nomor NIK. Jika data dirinya tercatat sebagai salah satu anggota partai politik tertentu. Maka dapat langsung mengadukan pada KPU.

"Nantinya kita akan panggil untuk melakukan klarifikasi tanggapan masyarakat, kita buatkan form surat pernyataan keberatan, jadi by system akan kita laporkan ke KPU RI, selanjutnya akan dilakukan pencoretan (penghapusan) keanggotaan," terangnya.

Menurutnya, pencatutan nama tersebut tidak mempengaruhi dari partai politik calon peserta pemilu, juga tidak ada sangsi bagi partai politik. pasalnya pada tahapan ini masih dilakukan verifikasi dan perbaikan administrasi terkait keanggotaan parpol.

Adapun partai mana yang paling banyak temuan pencatutan nama, pihaknya enggan membeberkan hal tersebut, dirinya hanya menyebutkan 'hampir semua' parpol ada.

"Makanya sampai saat ini dilakukan varifikasi untuk ke anggotaan partai politik," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Banwaslu Bojonegoro Moch Zaenuri, menyebutkan, ada sebanyak 22 orang yang namanya dicatut sebagai anggota partai politik. Padahal mereka mengaku sebelumnya tidak pernah mendaftarkan diri.

"Dari 22 orang pelapor, rinciannya enam orang ASN, Tenaga Harian Lepas (THL) lima orang, tujuh orang guru, satu orang petani, dan tiga orang wiraswasta," katanya, pada Jumat (16/9/2022) lalu. [riz/mu]

 

 

Tag : pemilu, parpol



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat