09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |   07:00 . Pesmad Darul Fikri Gelar Haflatul Wada’   |   20:00 . Kronologi Laka Beruntun yang Sebabkan Sopir Innova di Bojonegoro Terjepit   |   19:00 . 6 Orang Pesta Miras, 2 Orang Meninggal   |   15:00 . Pemilik Cafe dan Penyedia Miras di Bojonegoro Terancam Penjara Seumur Hidup   |   14:00 . Buntut Petaka Miras, Pemilik Cafe dan Penyedia Miras Ditetapkan Tersangka   |  
Sat, 25 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berpotensi Banjir dan Longsor, Berikut Himbauan BPBD Bojonegoro di Musim Penghujan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 18 October 2022 18:00

Berpotensi Banjir dan Longsor, Berikut Himbauan BPBD Bojonegoro di Musim Penghujan

Kalaksa BPBD Bojonegoro saat menunjukkan peta rawan bencana di Kabupaten Bojonegoro (Foto : Rizki Nur Diansyah/blokBojonegoro.com)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Beberapa hari ini Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, bahkan berpotensi banjir dan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro ingatkan warga untuk mengantisipasi masuknya musim penghujan serta Fenomena Hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto mengatakan bahwa, wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami potensi fenomena hidrometeorologi basah. Di mana akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“Dimungkinkan di wilayah kita bagian selatan itu akan mengalami banjir dan tanah longsor,” terang Ardhian kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di wilayah Kabupaten Bojonegoro diperkirakan musim hujan akan berlangsung hingga bulan Desember nanti.

Lebih lanjut, ia menghimbau pada masyarakat untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca ini atau yang biasa disebut Pancaroba dan amati serta update terus informasi-informasi yang telah diberikan melalui media sosial maupun media masa terkait potensi-potensi yang akan dimungkinkan terjadi di wilayah tersebut.

“Selain itu, kalau dalam berkendara apabila terjadi hujan, kami sarankan untuk berhenti di tempat yang aman, hindari bangunan-bangunan yang tinggi serta pohon-pohon yang tingg, karena akan berpotensi pohon tumbang dan petir,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bencana hidrometeorologi adalah sebuah fenomena alam yang terjadi berkaitan dengan lapisan atmosfer, hidrologi dan oceanografi yang berpotensi membahayakan, merusak, dan menyebabkan hilangnya nyawa penduduk. Bencana hidrometeorologi ini adalah bencana yang termasuk banjir, tanah longsor, angin puting beliung, badai es atau di indonesia sering terjadi hujan es, badai salju, bencana kekeringan, hujan yang sangat lebat, hujan salju yang sangat lebat dan lain – lain. [riz/ito]

 

Tag : Bpbd, Bojonegoro, longsor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat