18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jangan Anggap Remeh, Ini Dampak Mengajarkan Anak Cuci Tangan Dari Kecil

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 October 2022 07:00

Jangan Anggap Remeh, Ini Dampak Mengajarkan Anak Cuci Tangan Dari Kecil

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mengajarkan anak cuci tangan sejak dini rupanya berkaitan dengan perilaku dan bagaimana anak bersikap hingga dewasa. Simak penjelasan ahli berikut ini.

Bagi para orang tua, mengurus anak bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena orang tua harus bisa mengajarkan kebiasaan kepada anaknya, baik dari bertutur kata, maupun bersikap. Apa yang diajarkan anak sejak kecil, itu akan menjadi kebiasaan ketika ia tumbuh dewasa.

Melansir Hindustantimes, Konsultan Dokter Anak di Motherhood Hospital, Kharghar, Dr Prashant Moralwar menyatakan, kebiasaan baik dapat diterapkan melalui berbagai hal kecil misalnya sederhana. Kebiasaan satu menjadi langkah awal bagi anak untuk memulai hal-hal baik.

“Mencuci tangan adalah kebiasaan baik yang dapat orang ajarkan kepada anak selama tahun-tahun awal pertumbuhan dan perkembangannya. Ajari dia untuk mencuci tangan sebelum makan, batuk, bersin, setelah mengunjungi toilet, menyentuh hewan peliharaan, atau menyentuh benda apapun," ucap Dr Prashant.

Kebiasaan mencuci tangan tersebut juga menjadi bentuk pengendalian diri untuk anak. Orang tua dapat bertanya apakah anaknya telah mencuci tangannya atau belum. Selain itu, orang tua juga dapat menjadi pengingat agar anak selalu mencuci tangannya dan menjaga kebiasaan baiknya.

"Tanyakan anak dari waktu ke waktu apakah dia telah mencuci tangannya. Setel pengingat agar mereka tidak lupa mencuci tangan. Minta mereka untuk menyanyikan lagu favorit mereka atau bermain game saat mencuci tangan. Para orang tua bisa juga beritahu mereka mengapa mencuci tangan baik untuk kesehatan.”jelas Dr Prashant.

Selain mencuci tangan, orang tua juga penting mengajarkan anak untuk bisa mengajarkan untuk memilih. Hal ini dapat dilakukan dengan anak diberi kesempatan memilih makanan yang sehat. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bertanggung jawab ketika membuat pilihan.

Tidak hanya itu, Dr Prashant menuturkan, dengan melibatkan anak untuk di dapur untuk membuat makan sendiri juga menjadi faktor untuk membangun kebiasaan baik. Jika berbagai kebiasaan tersebut sudah diterapkan kepada anak sejak kecil, itu akan memengaruhi sikapnya ketika dewasa.

Begitu juga sebaliknya, menurut Dr Prashant, ketika anak sudah memiliki kebiasaan buruk sejak kecil, itu akan sulit dihilangkan saat ia dewasa.

"Kebiasaan apa pun baik atau buruk bisa sulit dihentikan. Ketika kebiasaan dibentuk dan diulang secara teratur, dopamin kimia dilepaskan ke otak, yang mengarah ke perasaan senang. Oleh karena itu, perlu untuk mengembangkan kebiasaan sehat sejak kecil yang sehat untuk anak," pungkas Dr. Prashant.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, cuci tangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat