17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Inovasi Smart Economy Terbaik

blokbojonegoro.com | Friday, 18 November 2022 19:00

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Inovasi Smart Economy Terbaik

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro di bawah kepemimpinan Bupati Anna Mu'awanah kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Termasuk pada ajang Indonesia Smart Nation Award 2022 (ISNA 2022), Kabupaten Bojonegoro mendapat penghargaan inovasi smart economy terbaik-terbaik atas kesuksesan melalui program kartu petani mandiri (KPM).

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Bojonegoro, Dandi Suprayitno yang mewakili penerimaan penghargaan menyampaikan, penganugerahan penghargaan dikemas dengan acara smart city innovation for post pandemic economy recovery. 

Dengan prestasi ini, untuk kedua kalinya Kabupaten Bojonegoro meraih penghargaan tersebut. Sebelumnya pada ajang penghargaan tahun 2020 Kabupaten Bojonegoro, memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten penyedia platform layanan pembelajaran terbaik pada masa Covid-19. 

"Saat itu Bojonegoro menerima penghargaan bersama Kota Tangerang Selatan dan Kota Batam. Indonesia smart nation award 2022 dari citiasia independen," tuturnya. 

Dandi juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini, dan berharap kepada citiasia untuk terus independen serta meningkatkan kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah. 

"Tujuannya membangun persepsi karena pentingnya mendorong inovasi smart city terutama pasca pandemi covid-19. Agar mampu meminimalisir dampak khususnya ekonomi di masyarakat," tambahnya. 

Perlu diketahui, ISNA 2022 sendiri merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada Pemda yang memiliki inovasi berbasis smart city. Bahkan inovasi-inovasi daerah tersebut mempunyai dampak langsung kepada masyarakat. 

Ada dua kategori pada ISNA 2022 ini, yaitu smart economy dan smart branding. Penghargaan sebagai smart economy sendiri, salah satunya karena keberhasilan daerah dalam mengembangkan ekonomi UMKM pada masa Covid-19. 

"Penghargaan ini juga diberikan berdasarkan riset komprehensif yang dilakukan menggunakan data 2020-2022. Dari berbagai data primer yaitu survei masyarakat dan survei pemerintah daerah. Data ini akan dilengkapi dengan analisis dari hasil innovation government awards (IGA), kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP), dan analisis masterplan smart city Kabupaten/Kota," papar Dandi.

Adapun PPM melalui KPM yang menjadi salah satu program prioritas Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, pada tahun 2022 ditargetkan untuk 504 kelompok tani (poktan). Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro, hingga September 2022. Kelompok tani yang telah menerima manfaat bantuan hibah PPM sebanyak 365 Poktan.

Tercatat poktan penerima bantuan hibah PPM mulai tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 sejumlah 1.068 poktan dengan jumlah petani pemegang KPM yang mendapatkan manfaat sejumlah 136.743 Kepala Keluarga Petani.

"Kabupaten Bojonegoro tak hanya tahun ini saja meraih penghargaan di sektor smart city. Pada tahun 2021, Bojonegoro meraih penghargaan dimensi smart governance. Penghargaan ini diberikan karena Bojonegoro dinilai mampu mengembangkan pemerintahan berbasis teknologi digital," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Pemkab, smart, tivi, Inovasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat