15:00 . Diduga Sodomi Siswanya, Oknum Guru di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   13:00 . Pasar Murah Tanjungharjo, Bantu Pemenuhan Kebutuhan Pokok Masyarakat   |   18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Produksi Besar, JTB Bakal Jadi Tulang Punggung Energi Gas Nasional

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 November 2022 18:00

Produksi Besar, JTB Bakal Jadi Tulang Punggung Energi Gas Nasional

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) akan menjadi tulang punggung gas nasional Indonesia dalam rangka menghadapi fase transisi energi. Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha di sela rangkaian kunjungan ke Proyek Pengembangan Lapangan Unitisasi Gas (JTB) di Ngasem, Bojonegoro, pada Senin (28/11/2022) lalu.

Menurut Satya, lapangan JTB yang memiliki kapasitas produksi besar ini dapat menjadi tulang punggung dalam pemenuhan gas nasional di Indonesia. Dengan demikian gas JTB nantinya diandalkan dalam menopang transisi energi, dimana gas sebagai backbone menuju energi baru terbarukan.

"Gas menjadi tulang punggung atau menjadi jembatan pengalihan dari energi fosil menjadi energi terbarukan di kemudian hari," ungkapnya.

Kepala SKK Migas Perwakilan Jawa, Bali  dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Nurwahidi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut siap memberikan dukungan terhadap program kerja yang tengah dijalankan oleh DEN.

Seperti diketahui bersama, salah satu tugas dari Dewan Energi Nasional yang diketuai oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ialah menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

"Kami akan memberikan dukungan, apalagi Jabanusa juga memiliki cadangan gas yang cukup tinggi semoga dapat memberi manfaat yang luas," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Gas Project JTB Ruby Mulyawan menyampaikan jika JTB dalam proses optimalisasi produksi gas nya. Saat ini sales gas JTB sekitar 71 MMSCFD. Jika telah memasuki fase normal produksi, gas JTB mampu memproduksi raw gas sekitar 330 MMSCFD dan sales gas sebesar 192 MMSCFD.

Sejak September lalu, JTB telah berhasil menyalurkan sales gas-nya ke pipa distribusi Gresik-Semarang untuk memenuhi kebutuhan industri yang ada di sebagian wilayah Jawa.

Kunjungan DEN ke JTB ini juga dalam rangka sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 41 tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan dan Penanggulangan Krisis Energi dan/atau Darurat Energi. DEN juga memiliki tugas utama menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi, oleh sebab itu dalam setiap kesempatan di fasilitas strategis DEN selalu menyampaikan sosialisasi ini.

Selain itu, dalam kunjungan ini DEN juga menyampaikan komitmen Indonesia dalam strategi pengurangan emisi karbon dimana pada fase transisi ini lah energi gas memegang peran penting untuk menuju energi baru terbarukan.

Turut hadir dalam kunjungan ke JTB ini, yakni anggota DEN lain diantaranya Agus Puji Prasetyo dan As Natio Lasman. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa lembaga, diantaranya perwakilan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, SKK Migas, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, PT Pertamina Gas Negara (PGN) yang hadir secara hybrid, yaitu daring maupun luring dan diterima oleh manajemen PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 sebagai tuan rumah. [feb/ito].

Tag : lapangan, gas, jtb, bojonegoro, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat