18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Krisis Kesehatan, G20 Bahas Pentingnya Pandemic Fund

blokbojonegoro.com | Sunday, 13 November 2022 08:00

Krisis Kesehatan, G20 Bahas Pentingnya Pandemic Fund

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - G20 sebagai forum yang dibentuk sejak 2008 awalnya hanya khusus membahas masalah-masalah ekonomi. Namun seiring berjalannya waktu dan munculnya permasalahan-permasalahan baru maka pembahasan pun disesuaikan apalagi saat ini dunia tengah menjalani masalah kesehatan yakni pandemi Covid-19. 

Karena latar belakang ini, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Indonesia Budi Gunadi Sadikin memaparkan pentingnya "Pandemic Fund" sebagai salah satu upaya menghadapi krisis kesehatan dunia. Hari ini, Minggu (13/11/2022) Presiden Indonesia Joko Widodo diagendakan meresmikan Pandemic Fund di KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

"Pandemi global memiliki dampak dari sisi ekonomi yang sangat besar, contohnya SARS 2003 yang dampak ekonominya mencapai US$ 50 miliar. Dan yang paling besar, adalah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini," ujar pria yang akrab disapa BGS ini. 

Hal inilah yang menjadi alasan alasan kenapa G20 yang dimulai pada tahun 2008 yang awalnya mandatnya itu sepenuhnya adalah permasalahan ekonomi, sekarang juga memperhatikan permasalahan kesehatan. 

"Alasannya adalah krisis-krisis kesehatan membawa dampak ekonomi yang sangat signifikan secara global. Dan hal ini juga bisa berdampak pada kemungkinan adanya krisis ekonomi. Dan sama seperti krisis ekonomi, krisis kesehatan juga akan berdampak signifikan kepada hal lainnya," lanjutnya.

Lebih lanjut, BGS juga mengemukakan berbagai masalah kesehatan skala kecil seperti munculnya penyakit-penyakit misterius dengan frekuensi lebih sering. Untuk itu dibutuhkan pemantapan arsitektur kesehatan global secanggih arsitektur keuangan global yang memiliki organisasi internasional maupun organisasi lain yang mempunyai mandat dan tata kelola yang jelas. Salah satunya dengan Joint Finance-Health Task Force.

"Sehingga kita bisa menginstitusionalisasikan dan mereplikasi apa yang sudah ada dalam arsitektur keuangan global ke arsitektur kesehatan global. Dan Indonesia berperan dalam hal ini. IMF dan Bank Dunia didirikan setelah Perang Dunia II dan kedua organisasi tersebut memainkan peran penting untuk melindungi diri dari krisis ekonomi global," kata BGS. [lis]

Tag : Ekonomi, kesehatan, g20



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat