07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money

blokbojonegoro.com | Monday, 24 October 2022 19:00

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money Ilustrasi Resesi. (Ilustrasi: .net)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ancaman resesi global tahun 2023 tengah menjadi topik perbincangan banyak pihak belakangan ini. Awal Oktober lalu, pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa situasi perekonomian saat ini masih bertahan. Dan pemerintah masih terus berupaya menjaga daya beli masyarakat, termasuk melalui subsidi dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterima oleh masyarakat. Meski dengan dukungan pemerintah, masyarakat disarankan untuk tidak serta merta menjadi lalai dalam menjaga stabilitas keuangan pribadi.

"Penyebab resesi 2023 itu sebenarnya ada dua. Pertama, adanya perang antara Ukraina dan Rusia sehingga menyebabkan resesi dan mengakibatkan distribusi pangan menjadi terhambat. Kedua, kondisi ekonomi dunia semakin melemah akibat pasca Pandemi Covid-19 dan terseret perang," ungkap Dosen Akuntansi STIE Cendekia Bojonegoro, Hermawan B Prasetiyo.

Bukan hanya tahun 2023 saja, bahkan saat ini pun sudah terasa seperti harga kebutuhan pokok naik. Dimana faktor penyebab ekonomi dunia melemah macam-macam, diantaranya kondisi wilayah geografis setiap negara berbeda-beda.

"Sehingga menyebabkan antara satu dengan lainnya tidak mampu berproduksi dan menyebabkan terhambat," ucapnya.

Dosen Akuntasi STIE Cendekia itu menambahkan, adapun cara menghadapi resesi. Diantaranya tidak usah terlalu panik apalagi di Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA), dimana mayoritas yang menjadi penentu kehidupan itu sumber daya alam.

"Dengan melimpahnya SDA di Indonesia tidak terlalu terpengaruh dengan adanya resesi. Tetapi bukan berati kita tidak memikirkan," imbuhnya.

Saran yang kedua, dalam menghadapi resesi tentu mulai menggalakkan ekonomi mikro. Dimunculkan mulai dari kegemaran untuk berjiwa bisnis, semisal menanam lombok di rumah hingga berdayakan apa saja yang ada di rumah.

Bagaiman jika kita tidak memiliki lahan? Tentu hal yang dilakukan lainnya bisa menopang ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Artinya menjadi pembeli yang mensuport usaha mikro, selain itu sederhananya kebutuhan rumahan kita cukupi terlebih dahulu.

"Kedua, kurangi sedikit hal-hal yang tidak perlu untuk berbelanja. Lebih baik uangnya kita gunakan untuk saving money. Supaya saat kondisi harga naik dan tidak stabil ada yang bisa digunakan, serta kurangi konsumsi hal-hal yang tidak penting," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : resesi, ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat