19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money

blokbojonegoro.com | Monday, 24 October 2022 19:00

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money Ilustrasi Resesi. (Ilustrasi: .net)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ancaman resesi global tahun 2023 tengah menjadi topik perbincangan banyak pihak belakangan ini. Awal Oktober lalu, pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa situasi perekonomian saat ini masih bertahan. Dan pemerintah masih terus berupaya menjaga daya beli masyarakat, termasuk melalui subsidi dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterima oleh masyarakat. Meski dengan dukungan pemerintah, masyarakat disarankan untuk tidak serta merta menjadi lalai dalam menjaga stabilitas keuangan pribadi.

"Penyebab resesi 2023 itu sebenarnya ada dua. Pertama, adanya perang antara Ukraina dan Rusia sehingga menyebabkan resesi dan mengakibatkan distribusi pangan menjadi terhambat. Kedua, kondisi ekonomi dunia semakin melemah akibat pasca Pandemi Covid-19 dan terseret perang," ungkap Dosen Akuntansi STIE Cendekia Bojonegoro, Hermawan B Prasetiyo.

Bukan hanya tahun 2023 saja, bahkan saat ini pun sudah terasa seperti harga kebutuhan pokok naik. Dimana faktor penyebab ekonomi dunia melemah macam-macam, diantaranya kondisi wilayah geografis setiap negara berbeda-beda.

"Sehingga menyebabkan antara satu dengan lainnya tidak mampu berproduksi dan menyebabkan terhambat," ucapnya.

Dosen Akuntasi STIE Cendekia itu menambahkan, adapun cara menghadapi resesi. Diantaranya tidak usah terlalu panik apalagi di Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA), dimana mayoritas yang menjadi penentu kehidupan itu sumber daya alam.

"Dengan melimpahnya SDA di Indonesia tidak terlalu terpengaruh dengan adanya resesi. Tetapi bukan berati kita tidak memikirkan," imbuhnya.

Saran yang kedua, dalam menghadapi resesi tentu mulai menggalakkan ekonomi mikro. Dimunculkan mulai dari kegemaran untuk berjiwa bisnis, semisal menanam lombok di rumah hingga berdayakan apa saja yang ada di rumah.

Bagaiman jika kita tidak memiliki lahan? Tentu hal yang dilakukan lainnya bisa menopang ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Artinya menjadi pembeli yang mensuport usaha mikro, selain itu sederhananya kebutuhan rumahan kita cukupi terlebih dahulu.

"Kedua, kurangi sedikit hal-hal yang tidak perlu untuk berbelanja. Lebih baik uangnya kita gunakan untuk saving money. Supaya saat kondisi harga naik dan tidak stabil ada yang bisa digunakan, serta kurangi konsumsi hal-hal yang tidak penting," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : resesi, ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat