06:00 . Inilah Lirik Ulama Bergerak dari Slank   |   05:00 . Slank Kado NU Lagu 'Ulama Bergerak'   |   23:00 . Diguyur Hujan, Cak Lontong Hingga Slank Hibur Nahdliyyin di Gelora Delta   |   20:00 . Besok Wapres RI Resmikan Proyek Lapangan Gas JTB Bojonegoro   |   19:00 . Inilah Lirik, Arti dan Keutamaan Sholawat Asyghil   |   18:00 . Pengeras Suara Mati, Sholawat Asyghil Menggema   |   17:30 . Merinding, 12.000 Banser di 1 Abad NU   |   17:00 . Disalami Presiden, Banser NU Mewek   |   16:30 . Parade Drumband Banser Dipuji Presiden Jokowi   |   16:00 . Erick Thohir: Energi Positif NU Perkuat Nilai Kebangsaan   |   15:30 . Paduan Suara UINSA Pakai Baju Adat   |   15:00 . Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Intens Survei Kepuasan Masyarakat   |   14:00 . Presiden: NU Akan Tumbuh Semakin Kokoh Masuk Abad Kedua   |   13:30 . Lautan Manusia di 1 Abad NU   |   13:00 . Baznas RI Salurkan 350 Kambing Program Balai Ternak Jadid Farm   |  
Wed, 08 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money

blokbojonegoro.com | Monday, 24 October 2022 19:00

Hadapi Ancaman Resesi, UMKM Harus DIberdayakan dan Saving Money Ilustrasi Resesi. (Ilustrasi: .net)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ancaman resesi global tahun 2023 tengah menjadi topik perbincangan banyak pihak belakangan ini. Awal Oktober lalu, pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa situasi perekonomian saat ini masih bertahan. Dan pemerintah masih terus berupaya menjaga daya beli masyarakat, termasuk melalui subsidi dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterima oleh masyarakat. Meski dengan dukungan pemerintah, masyarakat disarankan untuk tidak serta merta menjadi lalai dalam menjaga stabilitas keuangan pribadi.

"Penyebab resesi 2023 itu sebenarnya ada dua. Pertama, adanya perang antara Ukraina dan Rusia sehingga menyebabkan resesi dan mengakibatkan distribusi pangan menjadi terhambat. Kedua, kondisi ekonomi dunia semakin melemah akibat pasca Pandemi Covid-19 dan terseret perang," ungkap Dosen Akuntansi STIE Cendekia Bojonegoro, Hermawan B Prasetiyo.

Bukan hanya tahun 2023 saja, bahkan saat ini pun sudah terasa seperti harga kebutuhan pokok naik. Dimana faktor penyebab ekonomi dunia melemah macam-macam, diantaranya kondisi wilayah geografis setiap negara berbeda-beda.

"Sehingga menyebabkan antara satu dengan lainnya tidak mampu berproduksi dan menyebabkan terhambat," ucapnya.

Dosen Akuntasi STIE Cendekia itu menambahkan, adapun cara menghadapi resesi. Diantaranya tidak usah terlalu panik apalagi di Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA), dimana mayoritas yang menjadi penentu kehidupan itu sumber daya alam.

"Dengan melimpahnya SDA di Indonesia tidak terlalu terpengaruh dengan adanya resesi. Tetapi bukan berati kita tidak memikirkan," imbuhnya.

Saran yang kedua, dalam menghadapi resesi tentu mulai menggalakkan ekonomi mikro. Dimunculkan mulai dari kegemaran untuk berjiwa bisnis, semisal menanam lombok di rumah hingga berdayakan apa saja yang ada di rumah.

Bagaiman jika kita tidak memiliki lahan? Tentu hal yang dilakukan lainnya bisa menopang ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Artinya menjadi pembeli yang mensuport usaha mikro, selain itu sederhananya kebutuhan rumahan kita cukupi terlebih dahulu.

"Kedua, kurangi sedikit hal-hal yang tidak perlu untuk berbelanja. Lebih baik uangnya kita gunakan untuk saving money. Supaya saat kondisi harga naik dan tidak stabil ada yang bisa digunakan, serta kurangi konsumsi hal-hal yang tidak penting," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : resesi, ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more