Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Gelar Outing Jurnalistik di Kayangan Api

blokbojonegoro.com | Friday, 13 January 2023 10:00

Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Gelar Outing Jurnalistik di Kayangan Api

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -  Para jurnalis yang tergabung dalam ekstrakurikuler Jurnalistik Bhakti Sekolah menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Baureno, hari ini menggelar Outing Jurnalistik di wisata Kayangan Api , Jumat (13/1/2023).

Outing jurnalistik yang mengusung tema "Tak Henti Belajar Menulis Berita Apik dan Menarik" ini, oleh pembina ekstra jurnalistik sengaja dipilihkan lokasi bernuansa alam nan kental akan kebudayaan lokal Bojonegoro, yakni area Kayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

[Baca juga: SMPN 1 Baureno Peringati HUT ke-48 dengan Sederhana Namun Meriah ]

Tercatat setidaknya 13 jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno mengikuti giat rutin tahunan, yang dijadikan sebagai sarana dan peningkatan kapasitas jurnalistik dalam menghadapi tantang zaman di era serba digital ini.

"Di area Kayangan Api ini, kita bisa membaca ayat-ayat kalamullah untuk menjadi sarana mengingat lagi kepada Allah SWT. Semoga bisa memberi energi positif kepada anak-anak, khususnya yang tergabung dalam ekstra jurnalistik," ujar Guru Pembina Ekstra Jurnalistik SMP Negeri 1 Baureno, Bu Siti Luluk sebelum mengawali kegiatan.



Sesuai tema yang diangkat, pada kesempatan ini para jurnalis Bhakti diharapkan harus mampu serta dapat mengemas pengalaman lebih untuk mengembangkan bakat jurnalistik. Yang mana produk jurnalistik tersebut nantinya bakal ditelurkan dalam bentuk majalah sekolah.

"Majalah sekolah itu yang nantinya jadi penyambung lidah sekolah ke masyarakat. Apa saja yang terjadi di sekolah dapat terlaporkan oleh majalah Bhakti dan juga lewat web," lengkapnya.

Di kawasan api tak kunjung padam Kecamatan Ngasem itu, para jurnalis Bhakti dibimbing oleh pembina yang berkolabirasi dengan tim blokBojonegoro.com supaya bisa menulis bentuk feature tentang Kayangan api. Mulai dari laporan perjalanan, cara mewawancarai narasumber yang fleksibel, hingga menyusun menjadi sebuah sajian narasi berita.

Dalam pelaksanaannya, jurnalis remaja itu dibagi menjadi 4 tim kesatuan. Dimana masing-masing tim punya tugas peliputan dan pengumpulan data tentang berbagai hal mengenai seluk beluk Kayangan Api.

Alat peliputan seperti buku catatan beserta gadget dipersiapkan oleh para jurnalis Bhakti untuk melancarkan aksi. Setiap tim bergegas mencari narasumber, mulai dari pengunjung, pedagang, hingga pengelola wisata guna mengumpulkan data sebanyak mungkin.

"Jurnalis siswa SMP Baureno belajar menulis features tempat. Di sini mereka praktek wawancara sambil berdiskusi tentang materi dan nulis tentang Kayangan Api," kata Wartawan blokBojonegoro.com, M. Anang Febri saat mendampingi kegiatan.

Dari kegiatan Outing jurnalistik ini, sambungnya, diharapkan jurnalis sekolah mampu menyajikan berita yang menarik tanpa menghilangkan ciri khas literasi yang dimiliki jurnalis Bhakti.

"Yang terpenting jurnalis harus mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, kemudian mengolah menjadi susunan narasi, dan disajikan menjadi sebuah berita. Tentu dengan metode yang serius tapi santai dan asyik," tandasnya.  [ito]

Tag : outing class, jurnalistik, smpn 1 baureno, bojonegoro, kayangan api



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini