Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakkan: Salurkan 134.050 Dosin Vaksin PMK Selama Setahun

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 February 2023 08:00

Disnakkan: Salurkan 134.050 Dosin Vaksin PMK Selama Setahun

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro berkomitmen penuh dalam menanggulangi secara serius Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Selama tahun 2022 pihaknya telah menyalurkan 134.050 dosis vaksin PMK, upaya ini untuk mendongkrak imun ternak agar tidak mudah tertular virus. 

"Vaksin untuk 2023 baru saja datang Selasa, (31/1/2023) sebanyak 40.000 dosis," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Catur Rahayu. 

Langkah ini menurutnya, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran PMK. Juga sebagai pengendalian PMK yang terintegrasi dan terstruktur agar dapat mengurangi dampak penyakit hewan di wilayah yang terinfeksi, serta mempertahankan wilayah yang masih bebas dari PMK. 

"Tercatat Rabu (1/02/2023) sebanyak 59 ekor ternak sudah dikonfirmasi sembuh dari 456 ekor ternak yang terlaporkan terjangkit PMK. Vaksinasi PMK ini berbasis kewilayahan (desa)," ucapnya. 

Pihak Disnakkan juga mengimbau, bagi peternak yang ternaknya ingin di vaksin dapat menghubungi petugas (Mantri Ternak) di wilayahnya masing-masing. Sebab nantinya akan dilakukan seleksi pemetaan wilayah. 

"Jika wilayah/desa tersebut terkategori oleh petugas sebagai zona hijau, maka vaksinasi bisa segera dilaksanakan," ulasnya. [liz/lis]

 

Tag : Disnakkan, PMK, vaksin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini