12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 February 2023 10:00

Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Warga Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro kembali melakukan mediasi bersama Kepala Desa (Kades) dan Forpimcam Baureno terkait tambang batu kapur PT Whira Bumi Sejati yang berada di Desanya. Warga sampaikan tiga tuntutan dalam mediasi kedua itu, Jumat (3/2/2023).

Tiga tuntutan tersebut yakni, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumuragung diminta menutup tambang Milik PT Wira Bumi Sejati secara permanen. Kedua, keterbukaan dan Transparansi Pemdes berkaitan dengan Dana Kompensasi yang telah diterima dari PT Wira Bhumi Sejati dari Tahun 2017 sampai dengan 2022. Kemudian, ketiga yakni, perbaikan Jalan poros Desa seperti sedia kala, yang selama ini dilalui tambang PT Wira Bhumi Sejati.

Perwakilan warga setempat, Ahmad Imron mengungkapkan, warga setempat sudah dua kali ini melakukan pertemuan, pertama penutupan tambang dan sekarang katanya dari PT Wira Bhumi Sejati dan juga dinas terkait hadir, namun tidak ada yang datang.

“Kami akan memberi waktu kepada pihak Desa atas pertemuan kedua ini dengan waktu satu Minggu mulai dari sekarang, agar pihak Pemdes segera menyelesaikan permasalahan ini," ungkapnya.

Pria yang pernah menjadi sebagai Ketua Tim Sukses Kades Sumuragung yang menjabat saat ini menambahkan, kalaupun nanti pihak desa tidak bergerak, warga akan mengkaji dan tidak segan-segan akan membawa ke jalur hukum. 

"Kami masih beretikat baik, dan memberi kesempatan Desa, tapi kalau nanti tidak digubris lagi, warga akan menempuh ke jalur hukum. Karena akibat tambang tersebut yang paling terasa yaitu petani, karena jalan dikeruk hingga dalam. Padahal seharusnya rata dengan jalan raya," pungkasnya. 

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Kades Sumuragung Matasim mengatakan, terkait masalah yang dibawa warga, pihak desa mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak Kecamatan Baureno.

"Kami koordinasinya lewat Kecamatan,” terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Baureno itu.

Disinggung terkait langkah-langkah kedepan, Kades Sumuragung akan melakukan Musyawarah Desa (Musdes) bersama masyarakat, tokoh agama, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lain sebagainya.

 "Sekali lagi kami melakukan kordinasi tambang ini hanya di Kecamatan, dan rencana kedepan, kami akan Musdes bersama tokoh agama, BPD dan lainnya," pungkasnya. [riz/mu]

Tag : Kades, tambang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat