18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 February 2023 09:00

Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro bersama ATR/BPN Kabupaten Bojonegoro mencanangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) sebagai upaya akselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal itu Sesuai program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Gemapatas mentargetkan sebanyak 1 juta patok batas bidang tanah terpasang serentak di seluruh Indonesia. 

Usai Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto melaksanakan Gemapatas secara terpusat di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, yang bertemakan "Satu Juta Patok Untuk Indonesia", menandai dimulainya pemasangan patok serentak.

Jumat Pagi di Pendopo Balai Desa Kedaton, Bupati Bojonegoro didampingi Forkopimda dan Kepala ATR/BPN Kabupaten Bojonegoro, turut menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat dan menyaksikan langsung pemasangan patok oleh pemilik tanah, Jum'at (3/2/2023).

Kepala ATR/BPN Kabupaten Bojonegoro dalam laporannya melaporkan bahwa sejauh ini total patok yang terpasang di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 88.930 buah. Di tahun 2022 lalu PTSL di Kabupaten Bojonegoro mentargetkan sebanyak 60.000 bidang, dan target sertipikat hak atas tanah sebanyak 59.220 bidang yang tersebar di 16 kecamatan dan 48 desa.

"Harapan kami, sisa 7.715 bidang dapat diserahkan di bulan februari ini," terang Andreas Rochyadi.

Andreas menambahkan, pada tahun 2023 memperoleh target PTSL seluas 10.082 Ha, dengan total sertifikat hak atas tanah sebanyak 36.249 bidang di 12 kecamatan dan 33 desa se Kabupaten Bojonegoro. Selanjutnya pihaknya mengucapkan terimakasih atas antusiasme dan keseriusan masyarakat dalam menuntaskan PTSL tahun 2022.

"Kami sangat terbantu dan termotivasi atas dukungan dan kerjasama masyarakat yang telah membantu mulai proses pemberkasan hingga menjahit sertipikat di Kantor BPN, agar dapat selesai tepat waktu," tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah sangat mendukung proses percepatan PTSL untuk pengamanan aset dan meminimalisir adanya sengketa di tengah masyarakat. Selain itu, dengan adanya percepatan PTSL juga akan mendukung percepatan pembangunan daerah maupun nasional. 

Bupati sangat mengapresiasi atas capaian tersebut, harapannya sisa 180.000 bidang yang perlu dilakukan PTSL dapat segera dibicarakan dan diselesaikan dalam waktu dekat. Sehingga program Pembangunan Pemkab Bojonegoro dapat dilaksanakan dengan maksimal.

"Selama ini kami telah memasang listrik dengan daya 900 watt untuk masyarakat kurang mampu. Dan hal tersebut perlu didukung dengan adanya sertipikat hak atas tanah oleh warga,"ujar Bupati Anna.

Sebatas diketahui, Gemapatas merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PTSL Terintegrasi Tahun 2023. Hal ini, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). [feb/mu]

Tag : Ptsl, tanah, sertifikat tanah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat