18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mitigasi Bencana Waduk Pacal, Pemkab Bojonegoro Sosialisasi RTD

blokbojonegoro.com | Thursday, 02 March 2023 15:00

Mitigasi Bencana Waduk Pacal, Pemkab Bojonegoro Sosialisasi RTD

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar Sosialisasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Pacal Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Sosialisasi digelar di Hall Dewarna Hotel, Kamis (2/3/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Erick Firdaus mengatakan, acara sosialisasi RTD Bendungan Pacal merupakan tindakan sesuai petunjuk yang digunakan apabila ada gejala kegagalan bendungan bencana di sungai pacal.

"Perlu diketahui bersama bahwa sungai pacal saat ini melayani daerah irigasi yaitu 58 desa, sehingga jika banjir maka dampaknya akan mengancam daerah tersebut," tutur Erick Firdaus.

Kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh BBWS Sungai Bengawan Solo, BPBD Bojonegoro dan DPU SDA ini memiliki dasar hukum diantaranya Peraturan Menteri PU PR No 27 Tahun 2015 tentang Bendungan. SK Dirjen SDA No 25 Tahun 2011 tentang Bahaya Klasifikasi Bendungan. Perda Kabupaten Bojonegoro No 2 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Menengah Tahun 2018-2023.

Tujuan acara ini yakni memberikan panduan atau petunjuk untuk memutuskan apabila terjadi keadaan darurat akibat banjir/keruntuhan bendungan. 

"Selain itu, juga mengenali masalah yang mengancam keamanan bendungan dan sekitarnya. Serta mempercepat, merespon cepat dan efektif apabila terjadi masalah yang mengancam sekitar bendungan," ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menyampaikan dalam arahannya jika saat ini Pemkab Bojonegoro tengah mengharmonisasikan antara pembangunan fisik non air, fisik air dan pembangunan SDM yang menjadi satu kesatuan.

"Bojonegoro mempunyai karakteristik unik, dimana kita dialiri hilirisasi bengawan solo. Jika airnya kurang bisa kekeringan kalau kelebihan bisa kebanjiran, dan Bojonegoro sudah menyiapkan serta menunggu pinlok dari Provinsi," sambung Bupati Anna. 

Menurutnya apabila Bendungan Karangnongko selesai. Maka para petani akan mendapatkan hasil panen yang lebih karena kebutuhan air tercukupi.

"Saya selalu optimis ketahanan pangan di Bojonegoro bisa aman, juga memikirkan bagaimana kedua waduk di Bojonegoro telah diperbaiki. Maka ke depan bisa koordinasi antara BBWS Bengawan Solo dan Pemkab, apabila sungai pacal mengalami kelebihan air, maka bisa segera dibuka," tuturnya. 

Bupati Anna menyebutkan, ke depan kesiapsiagaan selain air. Juga akan siap siaga mengenai dampak kedaruratan industri. "Serta MOU antara Pemkab dan BBWS Bengawan Solo, agar bisa respon cepat apabila ada kedaruratan maupun kebencanaan sehingga masyarakat lebih aman," tutupnya. [liz/ito]

 

Tag : Motivasi, bencana, waduk, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat