Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BI Siapkan Penukaran Uang Baru Online, Begini Caranya!

blokbojonegoro.com | Friday, 31 March 2023 12:00

BI Siapkan Penukaran Uang Baru Online, Begini Caranya!

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Jika dulu masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecilenjelang Lebaran butuh antre, kini bisa menggunakan platform online PINTAR dari Bank Indonesia (BI). Penggunaan PINTAR ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin menukarkan uangnya yang hanya untuk layanan penukaran di kas keliling.

Dikutip dari website resmi BI, Kas keliling adalah layanan penukaran uang Rupiah kepada masyarakat yang dilakukan Bank Indonesia sebagai wujud komitmen dalam memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai.

Penukaran uang Rupiah melalui kas keliling dilakukan Bank Indonesia di lokasi yang telah ditetapkan yang dapat dilihat pada aplikasi PINTAR. Dengan waktu penukaran dilakukan Bank Indonesia pada tanggal dan waktu yang telah ditetapkan yang dapat dilihat pada aplikasi PINTAR.

"Layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling tidak dilakukan pada hari libur nasional atau cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah kecuali diatur lain oleh Bank Indonesia," penjelasan yang tertera pada websitenya.

Masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui website PINTAR. Berikut adalah cara tukar uang baru di kas keliling via PINTAR BI buat Lebaran 2023.

Kunjungi link penukaran uang baru buat Lebaran 2023 https://pintar.bi.go.id/.

Selanjutnya, pilih menu "Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling" yang berada di halaman awal situs.

Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.

Akan muncul daftar lokasi dan tanggal yang tersedia.

Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.

Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail.

Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.

Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.

Masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang di jalur mudik. Pada 15-19 April 2023 BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dahulu melalui PINTAR. [lis]

 

 

Tag : BI, ekonomi, bank, pecahan, uang baru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini