13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tim Pengendali Inflasi Daerah Pastikan Ketersediaan Pangan Cukup Selama Ramadan

blokbojonegoro.com | Friday, 24 March 2023 11:00

Tim Pengendali Inflasi Daerah Pastikan Ketersediaan Pangan Cukup Selama Ramadan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bojonegoro melakukan kunker ke pusat industri penggilingan padi dan penyosohan beras, CV 44 Dewi Sri, yang berada di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Kunjungan dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan dan stabilitas pangan persiapan bulan ramadan tahun 2023. Dalam kunjungan tersebut, TPID Kabupaten Bojonegoro ingin memastikan stok dan harga beras. Sebab hal ini sangat penting mengingat kebutuhan makanan yang meningkat pada bulan puasa.

Nafi'atin Ni'mah, Analis kebijakan Ahli Muda, Bagian Perekonomian dan SDA Setda Pemkab Bojonegoro, mengatakan kunjungan TPID ke CV 44 Dewi Sri merupakan bagian dari upaya menjaga stabilitas harga beras di pasaran. "Kita ingin melakukan pengawasan dan memastikan ketersediaan beras yang cukup dan harga yang stabil, terutama pada saat bulan ramadan," ungkapnya.

Perlu diketahui, CV 44 Dewi Sri merupakan salah satu pusat industri penggilingan padi dan penyosohan beras di Bojonegoro yang menghasilkan beras kualitas medium, premium. Di tempat ini setidaknya memiliki daya tampung per-hari sekitar 10 truk atau 1.000 ton.

"CV tersebut juga telah menjalin kontrak dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memasok beras sebanyak 500 ton," ucapnya.

Sementara itu, Santoso pemilik CV 44 Dewi Sri, menyampaikan perasaan senang sekaligus antusias akan kunjungan TPID di lokasi penggilingan. Bahkan pihaknya siap membantu sekaligus bekerja sama dalam menjaga ketersediaan bahan pangan dan stabilisasi harga.

"Kami siap membantu dan bekerjasama untuk menjaga stabilisasi harga serta ketersediaan pangan selama ramadan," sambung Santoso.

Senada, Kepala Bidang Ketahanan Pangan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro Moch. Rudianto, menambahkan meski kebutuhan selama ramadan meningkat, rupanya ketersediaan beras akan tetap tercukupi. "Meskipun kebutuhan pangan di bulan Ramadhan meningkat, masyarakat tidak perlu panik karena ketersediaan masih ada dan cukup," ujar Rudianto.

Fleksibilitas harga beras dalam rangka penyelenggaraan cadangan beras sebagaimana Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI, untuk beras di gudang Perum Bulog tercatat sebesar Rp 9.950/kilogram.

"TPID Bojonegoro berkomitmen penuh untuk terus memantau beras dan bahan pangan lain selama bulan suci ramadan di Bojonegoro. Termasuk memastikan tidak adanya inflasi yang signifikan dan ketersediaannya cukup untuk kebutuhan masyarakat," pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : pangan bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat