13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rajekwesi Night Carnival, Upaya Bersama untuk Kembangkan UMKM

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 March 2023 14:00

Rajekwesi Night Carnival, Upaya Bersama untuk Kembangkan UMKM

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang diinisiasi CEC mulai menyuguhkan sajian kuliner di timur taman Rajekwesi, lengkap dengan permainan anak-anak dan beragam kreasi kerajinan menarik tiap Sabtu dan Minggu malam. 

Pantauan blokBojonegoro.com di lapangan, tampak belasan booth stand dipasang rapi berjajar yang di isi puluhan lapak pelaku usaha kecil menengah. Mulai dari penjaja kuliner, craft, baju, kerajinan gipsum hingga fashion dewasa dan anak. 

Mayor Inf I Putu Gede Widarta, Kasdim 0813 Bojonegoro, menyampaikan bahwa lahan yang berada di timur taman Rajekwesi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM asli Bojonegoro. 

Sehingga perlu adanya sinergi bersama komunitas yang betul-betul juga ingin membantu anggota, nonton profit oriented dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik manapun. 

"Creative Economy Center merupakan komunitas yang dirasa sangat representatif dari 3 indikator tersebut," ungkap Mayor Inf I Putu Gede Widarta. 

Menurutnya, wujud Kodim 0813 Bojonegoro bina UMKM ini diharapkan mampu menyampaikan pesan positif kepada masyarakat seperti Berjiwa Pancasila, Siap Bela Negara, TNI di hati rakyat.

Dimana pelaksanaan kegiatan tersebut melalui komunitas pasar rakyat rajekwesi, yang bersinergi dengan Creative Economy Center atau rajekwesi night carnival. Serta digelar setiap akhir pekan di sisi timur taman Rajekwesi.

"Banyak hal yang menarik antusiasme masyarakat saat kegiatan tersebut, di antaranya aneka wahana permainan anak, bazar produk asli dan aneka kuliner khas Bojonegoro," tambahnya. 

Sementara itu, Adib Nurdiyanto, Ketua CEC Bojonegoro menyampaikan bahwa hadirnya rajekwesi night carnival ini tidak hanya menunjukkan kepedulian kodim 0813 kepada para pelaku umkm. Melainkan juga menjadi sarana bagi pelaku UMKM untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

"Termasuk dengan memberikan inspirasi bagi para pelajar dan mahasiswa yang mengunjungi kegiatan ini. Total 36 pedagang serta 18 booth stand, buka mulai pukul 16.00-21.00 WIB," ulasnya. 

Bahkan, hadirnya Rajekwesi Night Carnival ini bagi para pelaku umkm dirasa menjadi berkah tertentu. Salah satunya Hani Suhartini, pelaku usaha kecil menengah asal Desa Pacul yang selama ini menjadi tumpuan keluarga. 

"Saya jualan sudah 13 tahun, mulai dari cookies hingga kacang oven. Alhamdulillah bisa menjadi ladang rezeki, apalagi dengan adanya wadah bina umkm dari Kodim 0813," pungkasnya. [liz/lis]

Tag : UMKM, kodim, CEC



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat