17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Raya Harga Gabah Anjlok, Bupati Bojonegoro Kunjungi Gudang Bulog

blokbojonegoro.com | Wednesday, 01 March 2023 13:00

Panen Raya Harga Gabah Anjlok, Bupati Bojonegoro Kunjungi Gudang Bulog

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro tengah berlangsung panen raya. Namun harga gabah justru anjlok, keluhan sejumlah petani pun terdengar hingga Bupati Bojonegoro. Sehingga, Bupati Anna pun langsung mengunjungi ke Pabrik Bulog MRMP yang berada di Desa Kunci, Kecamatan Dander, Rabu (1/3/2023).

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah mengungkapkan, kedatangannya ke Pabrik Bulog, yang pertama memang merupakan sudah melakukan MoU. Kedua, karena mendengar sejumlah keluh kesah warga Bojonegoro yang tengah melangsungkan panen raya, dan harga gabah justru anjlok.

“Saat ini posisi tengah panen raya, dan sejumlah petani mengeluhkan harga gabah yang semakin menurun. Semalam saya dapat informasi juga tambah turun lagi, akhirnya saya kemarin ke Dinas Pertanian untuk berkunjung ke Bulog,” ungkap Anna, usai kunjungan.

Hari ini, lanjut Bupati perempuan pertama Kabupaten Bojonegoro itu, Bulog sudah menyampaikan bahwa sudah menyerap gabah kering panen (GKP) sejak hari Senin lalu, dengan harga Rp4800. Dan beberapa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) telah menjual ke Bulog.

“Mudah-mudahan ini juga tersampaikan kepada Gapoktan lainnya, agar lebih baik dan direct selling dengan Bulog terus berjalan. Asal kualitas sesuai standar,” harap Bupati.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bulog Bojonegoro, Sugeng Hardono mengatakan, saat ini sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan memabg tengah panen raya, dan saat ini pihaknya terus melakukan pembelian gabah maupun beras kepada Gapoktan.

“Untuk gabah, kami sesuai dengan ketetapan Badan Pangan Nasional (BPN) harga gabah kisaran Rp4200 hingga Rp4650 di penggilingan, dan kami sebelumnya memasang harga Rp4650, namun belum ada yang kirim ke kami,” kata Sugeng.

Sugeng menambahkan, akhirnya pihaknya mencoba menaikan ke harga Rp4700 hingga Rp4800. Dan akhirnya sejumlah Gapoktan pun sudah mulai berdatangan. Ia mengaku, akan terus menggandeng Dinas Pertanian, tentunya agar hasil dari gapoktan bisa ia beli.

“Stok beras saat ini ada sekitar 2000 ton, dan akan terus bertambah hasil dari serapan yang terus berjalan hingga saat ini. Sementara target kami dalam satu tahun yakni, 30 ribu ton,” pungkasnya. 

Perlu diketahui, kapasitas pengeringan GKP di Pabrik Bulog MRMP Kabupaten Bojonegoro, sekali input atau dalam sehari bisa memproduksi hingga 120 ton beras. Dan saat ini yang tengah proses sudah mencapai sekitar 1700 ton. [riz/lis]

 

Tag : Harga, gabah, anjlok, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat