23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anggota Polri Ini Budidaya Berbagai Varietas Anggur di Dunia

blokbojonegoro.com | Sunday, 09 April 2023 16:00

Anggota Polri Ini Budidaya Berbagai Varietas Anggur di Dunia

Reporter: Lizza Arnofia

blokbojonegoro.com - Abdianto warga asal Kelurahan Ngrowo, yang lahir di Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro termasuk pria kreatif dan ulet. 

Pria yang juga berprofesi sebagai anggota Polri dan saat ini menjabat sebagai Kanit Intel Polsek Kapas ini ternyata hobi budidaya anggur impor. Bahkan dia memanfaatkan lahan seluas 2 hektare miliknya sebagai lokasi budidaya. 

Ia mengaku, awal mula budidaya anggur impor dilatarbelakangi karena kesukaannya pada buah anggur dan sering menonton proses budidaya anggur di YouTube. Kemudian, ia mulai mencoba budidaya anggur dilahan miliknya sejak Juni tahun 2022 dan sudah berhasil panen dengan sempurna. 

"Sebenarnya karena kesukaan dengan buah anggur, dan sering nonton tutorial budidaya anggur lewat YouTube. Tahun lalu mulai aksinya di lahan sendiri Desa Tlogorejo," ungkapnya. 

Jenis tanaman anggur impor yang ia budidaya di lahan miliknya cukup beragam. Yaitu ada anggur merah dan hitam jenis Moon Drop, Gozv, Trans, Jupiter, Taldun, Tamaki, Ninel, Everest, Harold, Ilaria dan Dixon. 

"Anggur impor ini ada yang dari Turki, Ukrania maupun Amerika. Kalau anggur Taldun hasil persilangan dari anggur Talisman dan Dunaf," ucapnya. 

Untuk kampanye budidaya, dia juga menggandeng warga sekitar Desa Tlogorejo, agar aktif terlibat dalam budidaya anggur impor. Termasuk mulai dari masa persiapan, media tanam hingga perawatan anggur impor setiap harinya. 

"Anggur impor sebenarnya butuh sinar matahari untuk proses fotosintesis, karena kesuburan memakan waktu lama 6 bulan baru berbuah. Penyiraman cukup 3 hari sekali, kalau musim kemarau justru 2 hari sekali," tutur Abdi. 

Setelah sukses dalam budidaya anggur impor dan mulai merasakan kemanisan buahnya. Ia juga mulai menyediakan bibit anggur impor dengan harga terjangkau bagi pecinta varietas impor. 

Ia berharap, selain lahannya digunakan untuk lokasi budidaya anggur impor. Juga sebagai agrowisata/lokasi edukasi mengenai budidaya anggur impor di Bojonegoro. 

"Termasuk dengan menggandeng beberapa lembaga sekolah, Pemdes dan hotel di Bojonegoro. Untuk bertanam anggur dengan beragam varietas anggur impor, sementara ini yang sudah ada satu hotel," pungkas Abdianto. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Budidaya, anggur, ekonoml



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat