18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan Nelayan Rumuskan Strategi Terbaik Pengamanan di Zona FSO Gagak Rimang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 April 2023 13:00

EMCL dan Nelayan Rumuskan Strategi Terbaik Pengamanan di Zona FSO Gagak Rimang

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sebagai operator Lapangan Minyak Banyu Urip berupaya agar operasi Kapal Alir Muat Terapung atau Floating Storage dan Offloading (FSO) Gagak Rimang berlangsung aman dan selamat. Keselamatan nelayan di sekitar lokasi kapal yang berada 23 km dari Pantai Palang itu juga menjadi perhatian khusus EMCL. 

“Hari ini kita menggelar diskusi terfokus dengan nelayan dan para pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam menjaga keselamatan nelayan dan sesama di sekita FSO,” ucap perwakilan EMCL, Beta Wicaksono di Resto Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban pada Selasa (18/4/2023).

Kata Beta, sejak beroperasi pada tahun 2014, EMCL sudah melakukan sosialisasi kepada para nelayan secara rutin, baik formal maupun informal. Namun masih selalu ada nelayan yang belum memahami kondisi dan aturan yang harus mereka patuhi di zona keselamatan FSO. Oleh karena itu, harus terus memberikan pemahaman dan saling mengingatkan. 

Sementara itu, ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tuban, Faisol Rozi mengakui masih ada nelayan yang nekat masuk zona terbatas dan terlarang di sekitar FSO. Namun, tidak selalu nelayan dari Tuban. Ada pula yang dari luar kota, bahkan luar pulau. 

Faisol menganggap diskusi semacam ini penting untuk diselenggarakan. Artinya, semua bisa memberikan masukan dan menyampaikan kondisi masing-masing. 

“Nelayan tentu butuh ikan. Mereka juga ingin pulang dengan selamat,” imbuhnya.

Faisol di depan para nelayan setempat dan tokoh masyarakat mengapresiasi EMCL yang terus menjalin hubungan baik dengan para nelayan. Menurutnya, komunikasi yang baik ini telah mengurangi banyak potensi pelanggaran. 

“EMCL sangat luar biasa dalam menjaga komunikasi dengan nelayan. EMCLjuga memberikan perhatian yang nyata dengan berbagai programnya,” imbuh Faisol. 

Dalam kesempatan tersebut Faisol meminta nelayan untuk tidak mendekat ke area terlarang FSO Gagak Rimang. Hal ini demi keselamatan bersama, baik nelayan maupun FSO Gagak Rimang yang merupakan objek vital Nasional.

Kegiatan Diskusi Kelompok Terarah Zona Keselamatan dan Keamanan FSO Gagak Rimang diikuti oleh Kepala Desa Karangagung, Musyawarah Pimpinan Kecamatan Palang, HNSI Pengcab Tuban, tokoh masyarakat setempat, dan perwakilan kelompok nelayan. Hadir pula perwakilan Polairut Tuban, serta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban. [lis]

Tag : Migas, nelayan, ekonomi, keamanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat