12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selain Pendanaan, CJH Wajib Tahu ini Sebelum Berangkat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 May 2023 18:00

Selain Pendanaan, CJH Wajib Tahu ini Sebelum Berangkat Jamaah haji turun dari pesawat. (Foto: .net)

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebanyak 1.628 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Bojonegoro, dijadwalkan bakal berangkat pada awal bulan Juni 2023 mendatang.

Pemberangkatan CJH menuju tanah suci Makkah itu, dibagi menjadi 4 kelompok terbang (kloter) yang sebelumnya 3 kloter.

Kepala Seksi (Kasi) Pelaksana Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro, Abdulloh Hafidz  menuturkan, terdapat 2030 keseluruhan kuota haji bagi Bojonegoro. Namun yang melunasi sejumlah 1.628 Calon Jamaah Haji, termasuk yang cadangan.

"Ada 4 kloter akan dibagi jadwal pemberangkatan pada 2 hari. Kloter 20, 21, dan kloter 23 dijadwalkan berangkat 1 Juni 2023 dan kloter 24 pada 2 Juni 2023," imbuhnya.

Sementara itu, sebelum keberangkatan CJH. Rupanya ada beberapa hal yang perlu diingat terkait ibadah rukun islam ke-5 tersebut. Persiapan yang harus dilakukan oleh CJH menjelang keberangkatan ada 4 hal.

Pertama, jamaah harus memahami manasik atau rukun haji dan wajib haji serta sunah. Karena termasuk ibadah mahdhah yaitu kesuksesan ketika dia mengerti rukun haji.

"Karena kalau meninggalkan rukun haji menjadi tidak sah, melanggar wajib haji harus membayar dam atau denda. Sehingga bisa mengerti syarat rukun umroh, haji diketahui dengan manasik," sambung Ketua KBIH Madani, Sholikhin Jamik

Ke dua, dari sisi kesehatan karena haji merupakan kegiatan fisik. Maka harus dipersiapkan betul dari sisi kesehatan. Dokter memeriksa dan paling penting ada potensi penyakit memang obatnya harus dipersiapkan.

"Ke tiga, mempersiapkan dan mengerti betul pengorganisasian haji ada regu, rombongan. Ada kloter dan mengenal di tanah suci ada maktab, sektor hingga Kementerian Haji. Sebab, segala berita yang muncul orang hilang karena tidak memahami tentang koordinasi, regu, rombongan dan kloter,"ujarnya

Ke empat, memahami hikmah haji karena esensi haji adalah perjalanan. Mencontoh perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, Nabi Ismail, Nabi Ibrahim.

"Tidak memahami filosofi, kesan haji hanya sekedar grubyak-grubyuk. Khusus jamaah perempuan tentu, ada fiqih perempuan menyangkut jamaah haji perempuan yang harus dipahami,"tutup Sholikhin Jamik. [liz/ito]

Tag : cjh, bojonegoro, kbih, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat