Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kabar Duka, Tokoh Samin Bojonegoro Tutup Usia

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 May 2023 15:00

Kabar Duka, Tokoh Samin Bojonegoro Tutup Usia

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tokoh penganut kepercayaan Sedulur Sikep atau Samin, Hardjo Kardi warga Dusun Jipang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro tutup usia. 

Selama ini, kakek yang akrab disapa Mbah Harjo itu merupakan sosok tokoh yang masih memegang teguh ajaran Samin. Beliau merupakan keturunan keempat Samin Surosentiko.

"Mbah Hardjo dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu, 27 Mei 2023. Beliau merupakan sesepuh Samin di Bojonegoro sekarang," ungkap Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti.

Semasa hidupnya, tokoh sedulur Sikep Jipang tersebut sering disambangi oleh Tokoh Nasional di Indonesia. Mulai dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah hingga Puti Guntur Seokarno.

"Ajaran Samin di Bojonegoro telah terdaftar dan diakui oleh pemerintah sebagai Warisan Budaya Tidak Benda (WTTB)," bebernya.

Mbah Harjo Kardi dikabarkan wafat sekira pukul 14.00 Wib.

Sontak kabar duka ini langsung menyebar ke media sosial, terutama pesan whatsapp. Mbah Harjo Kardi meninggal dunia di rumahnya yang berada di Dusun Jipang, Desa/Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. [liz/lis]

Tag : Samin, jipang, Margomulyo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini