19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SKK Migas dan Petronas Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas UMKM

blokbojonegoro.com | Friday, 26 May 2023 09:00

SKK Migas dan Petronas Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas UMKM Kunjungan booth “Krupy” pada saat VIP Gallery Walk (22/05/23

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - SKK Migas bersama dengan PETRONAS Indonesia serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdangangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik menginisiasi Program Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi untuk membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dijalankan oleh masyarakat Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Program yang dimulai sejak tahun 2022 ini meliputi serangkaian kegiatan pelatihan dan diikuti oleh 20 kelompok ibu rumah tangga (IRT) dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia serta partisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah melalui kegiatan usaha lokal.

Krupy merupakan produk yang dihasilkan dari program pembinaan tersebut dan berasal dari olahan sumber daya laut. Pembuatan Krupy sendiri juga termotivasi dari keberlimpahan sumber daya laut Kabupaten Gresik serta mata pencaharian masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Produk-produk Krupy seperti kerupuk ikan dan olahan makanan laut lainnya  telah berhasil mendapatkan sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) serta sertifikasi halal dan juga lolos kurasi ekspor ke Jepang pada Februari 2023.

Pembinaan UMKM ini tentunya selaras dengan rencana strategis Indonesia Oil and Gas 4.0 dalam rangka menciptakan efek berganda atau multiplier effects pada industri hulu migas Indonesia melalui peningkatan kapasitas nasional dan integrasi bisnis antar pelaku usaha, pabrikan, vendor, serta UMKM sebagai penunjang industri.

 *Pameran produk “Krupy” pada Forum Kapasitas Nasional Wilayah Jabanusa 2023

Hal ini juga menjadi tujuan besar dari Forum Kapasitas Nasional yang telah diadakan selama tiga tahun terakhir untuk mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

UMKM Krupy juga telah mengikuti pelatihan hygiene packaging dari PT SUCOFINDO yang merupakan mitra dari Forum Kapasitas Nasional 2023 dalam mendukung upaya bersama dalam peningkatan kapasitas nasional melalui layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification). Pelatihan ini dijalankan untuk memenuhi standar pengemasan higienis.

Tidak hanya itu, SKK Migas juga bekerja sama dengan Tokopedia untuk memberikan pelatihan pengembangan bisnis yang dilakukan secara daring kepada ratusan pelaku UMKM binaan industri hulu migas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antaranya UMKM Krupy.

Produk Krupy sendiri juga dipamerkan pada Forum Kapasitas Nasional III Wilayah Jabanusa yang diadakan pada 22 – 24 Mei 2023 dan berhasil memenangkan kategori “Packaging Produk Terbaik”.

“SKK Migas menyambut baik program binaan UMKM PETRONAS Indonesia melalui pembuatan makanan ringan hasil olahan sumber daya laut yang dapat memberikan manfaat langsung kepada perekonomian masyarakat Desa Kramat. Kami akan terus berkolaborasi dengan KKKS di wilayah operasi untuk terus menciptakan multiplier effects melalui program-program pengembangan yang bertujuan untuk memberdayakan berbagai aspek kehidupan masyarakat sekitar,” terang Nurwahidi selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa.

*Nurwahidi, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, memberikan kata sambutannya pada pembukaan Forum Kapasitas Nasional Wilayah Jabanusa (22/05/23)

Tentunya, SKK Migas melalui kolaborasi dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya akan terus mendukung peningkatan kompetensi serta kualitas pelaku UMKM untuk dapat mengepakkan sayapnya baik dalam lingkup nasional dan internasional sebagai bentuk kontribusi positif industri hulu migas untuk kemajuan di negeri ini. [mu]


*UMKM binaan PETRONAS Indonesia memenangkan kategori “Packaging Produk Terbaik” (24/05/23)

 

 

Tag : skk migas, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat