17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

SKK Migas dan Petronas Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas UMKM

blokbojonegoro.com | Friday, 26 May 2023 09:00

SKK Migas dan Petronas Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Kapasitas UMKM Kunjungan booth “Krupy” pada saat VIP Gallery Walk (22/05/23

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - SKK Migas bersama dengan PETRONAS Indonesia serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdangangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik menginisiasi Program Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi untuk membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dijalankan oleh masyarakat Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Program yang dimulai sejak tahun 2022 ini meliputi serangkaian kegiatan pelatihan dan diikuti oleh 20 kelompok ibu rumah tangga (IRT) dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia serta partisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah melalui kegiatan usaha lokal.

Krupy merupakan produk yang dihasilkan dari program pembinaan tersebut dan berasal dari olahan sumber daya laut. Pembuatan Krupy sendiri juga termotivasi dari keberlimpahan sumber daya laut Kabupaten Gresik serta mata pencaharian masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Produk-produk Krupy seperti kerupuk ikan dan olahan makanan laut lainnya  telah berhasil mendapatkan sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) serta sertifikasi halal dan juga lolos kurasi ekspor ke Jepang pada Februari 2023.

Pembinaan UMKM ini tentunya selaras dengan rencana strategis Indonesia Oil and Gas 4.0 dalam rangka menciptakan efek berganda atau multiplier effects pada industri hulu migas Indonesia melalui peningkatan kapasitas nasional dan integrasi bisnis antar pelaku usaha, pabrikan, vendor, serta UMKM sebagai penunjang industri.

 *Pameran produk “Krupy” pada Forum Kapasitas Nasional Wilayah Jabanusa 2023

Hal ini juga menjadi tujuan besar dari Forum Kapasitas Nasional yang telah diadakan selama tiga tahun terakhir untuk mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

UMKM Krupy juga telah mengikuti pelatihan hygiene packaging dari PT SUCOFINDO yang merupakan mitra dari Forum Kapasitas Nasional 2023 dalam mendukung upaya bersama dalam peningkatan kapasitas nasional melalui layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification). Pelatihan ini dijalankan untuk memenuhi standar pengemasan higienis.

Tidak hanya itu, SKK Migas juga bekerja sama dengan Tokopedia untuk memberikan pelatihan pengembangan bisnis yang dilakukan secara daring kepada ratusan pelaku UMKM binaan industri hulu migas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antaranya UMKM Krupy.

Produk Krupy sendiri juga dipamerkan pada Forum Kapasitas Nasional III Wilayah Jabanusa yang diadakan pada 22 – 24 Mei 2023 dan berhasil memenangkan kategori “Packaging Produk Terbaik”.

“SKK Migas menyambut baik program binaan UMKM PETRONAS Indonesia melalui pembuatan makanan ringan hasil olahan sumber daya laut yang dapat memberikan manfaat langsung kepada perekonomian masyarakat Desa Kramat. Kami akan terus berkolaborasi dengan KKKS di wilayah operasi untuk terus menciptakan multiplier effects melalui program-program pengembangan yang bertujuan untuk memberdayakan berbagai aspek kehidupan masyarakat sekitar,” terang Nurwahidi selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa.

*Nurwahidi, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, memberikan kata sambutannya pada pembukaan Forum Kapasitas Nasional Wilayah Jabanusa (22/05/23)

Tentunya, SKK Migas melalui kolaborasi dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya akan terus mendukung peningkatan kompetensi serta kualitas pelaku UMKM untuk dapat mengepakkan sayapnya baik dalam lingkup nasional dan internasional sebagai bentuk kontribusi positif industri hulu migas untuk kemajuan di negeri ini. [mu]


*UMKM binaan PETRONAS Indonesia memenangkan kategori “Packaging Produk Terbaik” (24/05/23)

 

 

Tag : skk migas, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat