19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berasal dari Berbagai Disiplin Keilmuan, Kajian ICMI Harus Punya Dampak Bagi Kebijakan Publik

blokbojonegoro.com | Saturday, 13 May 2023 19:00

Berasal dari Berbagai Disiplin Keilmuan, Kajian ICMI Harus Punya Dampak Bagi Kebijakan Publik

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sabtu (13/5/2023), Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dikukuhkan. Pengukuhan digelar di Kampus STIE Cendekia, Jalan Cendekia 22, Plelen, Ngampel, Kecamatan Kapas. 

Terpilih dan dikukuhkan sebagai Ketua ICMI Bojonegoro, Hanafi dalam sambutannya memaparkan pengertian Cendekiawan sebagai Ulul Albab. "Ulul Albab berarti orang yang mau berpikir dan berzikir. Berpikir berarti ikut memikirkan kondisi lingkungan sekitar dan berzikir, dengan harapan hanya untuk mencari ridla Allah SWT," ujarnya. 

Menurutnya, orang-orang yang tergabung di ICMI ini adalah orang-orang yang mau berpikir dan berzikir. 

"Karena itu, ketika disepakati oleh formatur menjadi ketua ICMI Bojonegoro, dalam benak pikirannya, menjadi pengurus ICMI sesungguhnya bukanlah pekerjaan yang ringan. Dalam batin berpikir bahwa memikirkan umat itu tidak gampang. Saya takut juga. Meski demikian, dengan dukungan para tokoh dan semua pengurus ICMI, saya emban amanah umat ini dengan mengucapkan inna lillahi wa inna lillahi raajiuun,’’ ujar pria yang juga Mustasyar PCNU Bojonegoro periode 2019-2024 itu.

Ke depan, Hanafi mengaku sudah mempunyai gambaran bahwa dengan berpikir dan berzikir, ICMI harus bisa mewarnai dan bermanfaat dengan disiplin keilmuan sumber daya manusia (SDM) yang ada di ICMI. Apalagi, pengurus ICMI adalah sangat heterogen dan memiliki latar belakang berbagai disiplin ilmu.

‘’Harapan saya, dari berbagai kajian yang dihasilkan oleh ICMI Bojonegoro itu, kita berikan dan kita distribusikan kepada pengambil kebijakan publik. Itulah sesungguhnya fungsi ICMI yang berpikir dan berzikir itu,’’ beber Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bojonegoro periode 2021-2026 itu. 

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Tanwir, Talun, Sumberrejo dua periode itu mengucapkan terima kasih atas dukungan para tokoh dan sesepuh di Bojonegoro dengan mendukung dan mau bergabung di ICMI. Hanafi lalu menyebut para tokoh tersebut. Setidaknya, ada empat tokoh Bojonegoro yang disebut langsung dalam sambutan Hanafi.

Mereka adalah KH Ahmad Fuad Sahal, sesepuh sekaligus pemangku Ponpes At-Tanwir, Sumberrejo. Di ponpes inilah, Hanafi menghabiskan pendidikan dasar hingga menengah atas sebelum menempuh pendidikan tinggi di Universitas Malang (dulu IKIP Negeri Malang).

Setelah itu, Hanafi menyebut KH Alamul Huda atau yang akrab disapa Gus Huda, pemangku Ponpes Ar-Rosyid, Ngumpakdalem, Dander. Lalu menyebut nama Suwito, Ketua PD Muhammadiyah Bojonegoro, pemikir yang berkemajuan. Dan terakhir, Hanafi menyebut Mundzar Fahman, yang mewakili unsur perguruan tinggi. Nama terakhir adalah mantan rektor ketika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro berdiri.

‘’Terima kasih atas dukungan beliau semua. Beliau semua adalah mentor sekaligus guru bagi saya,’’ kata pria yang cakap dengan empat bahasa internasional itu.

Sementara itu, pelantikan dan pengukuhan pengurus ICMI Orda Bojonegoro berjalan lancar. Sekretaris ICMI Orwil Jawa Timur, Pitono Nugroho langsung memimpin pelantikan sekaligus pengukuhan pengurus ICMI Orda Bojonegoro tersebut.

‘’Meminjam istilah Kang Yoto, Bojonegoro memang lebih maju dari Lamongan. Terbukti, pelantikan ICMI Bojonegoro lebih dulu daripada pelantikan ICMI Orda Lamongan,’’ kata Pitono disambut tepuk tangan peserta yang hadir. [lis]

Tag : Pengukuhan, ICMI, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat