19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Informasi Haji 2023

PPIH Kemenag Atur Skema Pemberangkatan Jemaah dan Petugas Jelang Puncak Haji

blokbojonegoro.com | Monday, 19 June 2023 13:00

PPIH Kemenag Atur Skema Pemberangkatan Jemaah dan Petugas Jelang Puncak Haji

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Saat ini memasuki masa menjelang puncak ibadah haji di Arafah, tepatnya sekitar 10 hari lagi. Dalam keterangan di website resmi Kemenag.go.id, pihaknya tengah mempersiapkan segala hal untuk pelaksanaannya, terlebih masalah keberangkatan petugas dan jamaah menuju Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah mengatur hal itu. 

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Perlindungan Jamaah Haji (Kabid Linjam) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Harun Al Rasyid. Menurutnya, pergerakan petugas haji diawali pada 6 Zulhijah, Satgas akan bergerak menuju Arafah. Pada 7 Zulhijjah, Satgas sudah menempati sektor-sektor yang mereka tempati. Dibuat juga Ad Hoc yang berisi 50 petugas di Arafah.

"Akan ada 11 Ad Hoc di Arafah, satu Ad Hoc membawahi tujuh sampai sembilan maktab, satu maktab jumlahnya sekitar tujuh kloter atau sekitar 2.800 jamaah haji," terang Harun.

"Pada 8 Zulhijjah 1444 Hijriyah sekitar pukul 08.00 waktu Arab Saudi, jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Makkah ke Arafah. Diperkirakan perpindahan jamaah haji dari Makkah ke Arafah akan selesai pada pukul 22.00 waktu Arab Saudi," terangnya.

Lebih lanjut, Harun mengatakan bahwa jemaah haji Indonesia akan wukuf di Arafah sampai 9 Dzulhijjah 1444 Hijriyah pukul 19.30 waktu Arab Saudi. Mulai dari pukul 19.30 jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Muzdalifah untuk mengambil batu kemudian ke Mina.

"Ini yang kita wacanakan, mudah-mudahan berjalan dengan lancar, semoga tidak ada perubahan," ujarnya.

Lebih lanjut, Harun juga menginformasikan bahwa akan ada Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Arafah. Sementara, jemaah haji yang sakit akan disafariwukufkan di Arafah menggunakan bis dan didampingi petugas kesehatan serta pembimbing ibadah.

Sehubungan dengan itu, Harun mengimbau jamaah haji agar sabar saat antre di Arafah, terutama saat antre di toilet. Jemaah juga perlu hemat dalam menggunakan air, karena ketersediaan air di Arafah terbatas. Jamaah haji juga diimbau tidak memaksakan diri, dan tidak memforsir tenaganya. Sehingga, mereka tidak kehabisan tenaga sebelum wukuf di Arafah. [lis]

Tag : PPIH, Kemenag, . Haji, wukuf



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat