16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Raih Ratusan Medali, Begini Kisah Haviz Perenang Cilik Asal Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 19 June 2023 16:00

Raih Ratusan Medali, Begini Kisah Haviz Perenang Cilik Asal Bojonegoro Haviz saat mewakili Indonesia pada Kejuaraan Renang se-Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia (Foto : Istimewa)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Muhammad Haviz Rizal Wibowo (14) merupakan atlet renang cilik asal Kelurahan Sumbang, Kecamatan/Kota Bojonegoro. Meskipun ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ternyata ia telah banyak meraup ratusan medali dari kejuaraan renang baik tingkat lokal hingga kancah internasional.

Pada kejuaraan terakhir, bocah 14 tahun itu berhasil memborong empat medali emas dalam ajang kejuaraan nasional (Kejurnas) Festival Akuatik Indonesia 2023. Dia berangkat bersama 40 atlet renang dari kontingen Cabang Olahraga (Cabor) renang Provinsi Jawa Timur (Jatim), dan hanya dia satu-satunya yang mewakili Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro).

Ayahanda Haviz, Nofi Andri Wibowo mengungkapkan, Haviz mulai dikenalkan dengan dunia olahraga renang, sejak ia masih berusia 6 tahun. Kemudian, ia dimasukkan ke club renang di Taman Tirta Akuatik Bojonegoro. Selain itu, Novi juga mendatangkan guru privat renang untuk menajamkan skill anaknya tersebut.

“Saya masukkan club renang, terus saya tambahi privat di guru club renangnya. Ia mulai latihan sejak usia 6 tahun,” ungkap Novi kepada blokBojonegoro.com, Senin (19/6/2023).

Menurutnya, anak berzodiak Cancer tersebut berlatih setiap hari. Seminggu 5 Kali dalam klubnya, kemudian pada Rabu dan Sabtu dilatih guru privatnya. Namun, meski berlatih setiap hari, juga tak mengganggu proses belajar Haviz. Anak yang sekarang tengah belajar di SMPN 5 Bojonegoro itu tak pernah ketinggalan mata pelajarannya.

“Sekolah tetap biasa mas, Alhamdulillah Haviz di pelajaran tetep tidak ketinggalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, bocah kelahiran 3 Juli 2009 itu, telah meraih ratusan medali, baik emas, perak, dan perunggu dari hasil jerih payahnya mengikuti berbagai ajang, baik tingkat lokal, regional, nasional bahkan Internasional. Bahkan ia juga, pernah mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Renang Se-Asia Tenggara, dan berhasil membawa pulang 3 buah medali emas, perak, dan perunggu.

“Kalau dihitung (medalinya) ya lebih kalau 100,” tegasnya.

Namun dibalik ratusan medali dan piala yang ia dapat, ternyata Haviz juga mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) berupa uang pembinaan pada tahun 2022 lalu.

“Ada tahun kemarin, berupa uang , untuk tahun ini semoga ada rejekinya untuk Haviz kembali, untuk menunjang tambahan vitamin, susu, peralatan renang misalnya celana renang yang harus standart untuk lomba karena harganya juga agak lumayan,” katanya.

Selain menjadi hobi, ternyata Haviz juga bercita-cita sebagai atlet renang, dan ingin bergabung ke Tim Nasional (Timnas) Indonesia sebagai pelecut. Hingga saat ini, bocah tersebut juga tak henti untuk berlatih, bahkan saat ini dirinya sudah masuk dan berlatih di Puslatda Jawa Timur, untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Terakhir, Nofi berharap kepada Haviz agar bisa mempertahankan prestasinnya serta bisa memperbaiki limitnya. Agar bisa bersaing dengan perenang kelompok usia senior. Selain itu, agar bisa membawa nama harum Bojonegoro untuk Indonesia.

“Semoga bisa mempertahankan prestasinnya, dan mohon doanya dari warga Bojonegoro agar kelak Haviz bisa tembus Pelatnas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Taman Tirta Akuatik Bojonegoro, Teguh Triatmojo mengungkapkan bahwa, Haviz akan fokus latihan bersama tim Puslatda Jatim, dan ia masuk di tim lapis kedua untuk menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, yang bakal digelar di Aceh, Sumatera Utara.

"Penetapan tim yang akan ikut PON masih belum tahu, sementara ini Haviz masih ikut latihan bersama di tim Puslatda Jatim masuk tim lapis kedua," jelasnya.

Terakhir, Teguh berharap kepada Haviz, semoga suatu saat nanti bisa bergabung di Tim Nasional (Timnas) Aquatic Indonesia, sehingga menjadi kebanggan Kabupaten Bojonegoro, khususnya untuk Taman Tirta Aquatic Bojonegoro.

"Semoga kedepan bisa gabung di Timnas Renang Indonesia dan menjadi kebanggaan kita Taman Tirta Bojonegoro, dan juga orang tua yang selalu mendukung proses latihan hingga berprestasi seperti sekarang," pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : Perenang, medali, SMP, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat