19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |   21:00 . PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi   |  
Thu, 09 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnak Jatim Verifikasi Lapangan ke Kelompok Ternak di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Tuesday, 20 June 2023 12:00

Disnak Jatim Verifikasi Lapangan ke Kelompok Ternak di Bojonegoro Tim Penilaian Lomba Ternak Disnak Jatim foto bersama kelompok ternak Desa Simbatan, Kanor (Foto : Rizki Nur Diansyah)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur (Jatim) melalui Tim Penilai Lomba Ternak melakukan penilaian dan verifikasi lapangan (Verlap) pada kelompok ternak di Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya yakni, Kelompok Sumber Ternak yang berada di Desa Simbatan, Kecamatan Kanor, Selasa (20/6/2023).

Kelompok Sumber Ternak merupakan satu dari dua kelompok ternak di Bojonegoro yang mengikuti lomba ternak tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Selain sumber Ternak terdapat juga kelompok ternak sapi yang ada di Desa Wadang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Catur Rahayu mengatakan, Kabupaten Bojonegoro mengajukan dua peternak untuk mengikuti lomba. Dalam pengajuan lomba ini memang Disnakan sudah melakukan monitoring disetiap kelompok ternak yang ada di Bojonegoro.

"Jadi kami memang setiap bulan memonitoring disetiap peternak. Jadi untuk lomba agrobis ternak ini kita tunjuk bagaimana pengelolaan administrasi cara pengelolaan yang baik dan lainnya. Makanya tahun ini kita ajukan dua untuk mengikuti lomba ini," ujarnya.

Menurutnya, Disnakan Bojonegoro selalu mengikuti perlombaan dari Dinas Peternakan Provinsi terkait lomba ternak ini. Tercatat sejak 2017 hingga sekarang, Disnakan Bojonegoro meraih 7 kali juara 1 baik sapi maupun kambing.

"Semoga tahun ini kita bisa menang kembali," tambahnya.

Sementara itu, Nur Ismanto selaku Ketua Tim Penilaian Ternak Disnak Jatim menjelaskan, untuk penilaian sendiri menilai sejauh mana kelompok ternak ini bisa bermanfaat bagi kelompok dan di luar kelompok atau masyarakat.

Sedangkan, catatan di ternak ini yaitu, dia sebagai sumber produsen pakan komplit baik untuk ternaknya sendiri maupun masyarakat, jadi masyarakat juga bisa beli pakan ternak di kelompok ini, dengan harga yang relatif murah karena bahannya berasal dari lokal.

"Yang menjadi penilaian yaitu dari aspek individu atau bukan perorangan, akan tetapi, kelompok dibangun oleh masyarakat serta kelompok ternak sudah lebih dari dua tahun jalan, baik jumlah anggota, ternaknya kemudian usahanya berkembang," jelas pria yang akrab disapa Anto.

Anto menambahkan, selain itu aspek penilaian tidak hanya dari usahanya yang melulu main produk saja, melainkan juga ada pengelolaannya, jasanya, pupuk organik dari kotoran hewan tersebut. Sehingga agar semakin berkembang baik di internal kelompok maupun di masyarakat setempat.

Lebih lanjut, disinggung soal perbedaan dengan kelompok ternak di Kabupaten lain, Kata Ismanto, tidak ada pembeda, karena yang dinilai dari aspek kelembagaan, aspek permodalan, dan aspek dinamika kelompok serta beberapa aspek lainnya.

"Saya kira setiap kabupaten memiliki spesifikasi yang berbeda. Kalau Bojonegoro yang beda ada di sekup pemasaran, mereka lebih jauh berkembang seperti contoh pemasaran di berbagai media sosial, instansi pemerintah, itu menurut saya yang menjadi berbeda dengan kabupaten lain," pungkasnya. [riz/mu]

Tag : kelompok ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat