20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Santri dan Alumni Ponpes Nurussalam Walisongo di Bojonegoro Gelar Rutinan Ahad Kliwon

blokbojonegoro.com | Friday, 07 July 2023 18:00

Santri dan Alumni Ponpes Nurussalam Walisongo di Bojonegoro Gelar Rutinan Ahad Kliwon Majelis Ta'lim dan Sholawat (Rutinan Ahad Kliwon) Santri dan Alumni Ponpes Nurussalam Walisongo Gomang, di Bojonegoro (Foto : Istimewa)

Reporter: Rizki Nur Diansyah 

blokBojonegoro.com - Dalam rangka menjalin silaturahim dengan para kyai dan guru, santri dan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Nurussalam Walisongo Gomang Tuban, yang berada di Kabupaten Bojonegoro menggelar rutinan setiap Ahad Kliwon. Rutinan tersebut telah berjalan selama lebih dari satu tahun.

Rutinan yang bertajuk 'Majelis Ta'lim dan Sholawat' itu dibimbing oleh tiga pengasuh Ponpes Nurussalam Walisongo Gomang, Tuban yakni, Dr. RM. Armaya Mangkunegara, KH. RM. Abraham Naja Mangkunegara, dan RM. Ansakhul Balaya Mangkunegara.

Salah satu pembimbing rutinan, RM. Ansakhul Balaya Mangkunegara mengungkapkan, rutinan tersebut bertujuan mempererat hubungan antara kyai, guru, santri dan alumni Ponpes yang berada di Desa Laju Lor, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

“Ini juga merupakan bentuk rasa hormat atau 'sungkem' para santri dan alumni di Bojonegoro kepada para guru, sehingga dibentuklah rutinan ini,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Ang itu kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, lanjut Gus Ang, kegiatan tersebut juga karena rasa kegelisahan dari para alumni yang mengalami problematika dalam kehidupan, sehingga di kegiatan itu terdapat titik temu dan bisa menjawab dari kegelisahannya selama ini.

“Ini menjadi titik temu antara kegelisahan hati dan memberi jawaban atas problematika kehidupan yang dialami oleh alumni,” ujar Gus berdarah Keraton Surakarta itu.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut berawal tahun 2021 akhir dan sudah berjalan hingga 16 putaran. Gus Ang mengaku bahwa, diawal merintis rutinan tersebut masih sedikit yang mengikuti. Namun, lambat laun para alumni dan santri yang mungkin belum mengetahui, akhirnya banyak yang mulai berdatangan dan mengikuti majelis tersebut.

“Awalnya hanya sedikit yang mengikuti, hingga saat ini banyak yang mengetahui dan jama'ahnya semakin bertambah. Selain itu, rutinan ini juga telah hampir dilaksanakan di seluruh wilayah di Bojonegoro,” pungkasnya.

Pihaknya berharap, dengan terselenggaranya rutinan Ahad Kliwon ini, semoga para santri, alumni dan guru serta kiai dapat terus terjalin hubungannya. [riz/lis]

 

 

Tag : Rutinan, istighosah, santri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat