22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diguyur Hujan Deras, Puluhan Hektare Tembakau di Bojonegoro Mati

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 July 2023 14:00

Diguyur Hujan Deras, Puluhan Hektare Tembakau di Bojonegoro Mati Foto : Rizki Nur Diansyah

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, sekitar 20 hektare lahan yang ditanami tembakau di Desa Samberan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro mati. Akhirnya, para petani memutuskan untuk mengganti bibit tembakau yang baru.

Menurut keterangan warga, pada Jumat (7/7/2023) lalu, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Bojonegoro diguyur hujan deras sekitar 2 jam lebih. Hal tersebut, membuat sejumlah petani tembakau resah, karena baru 20 hingga 40 hari tanam, sudah diguyur hujan dan akhirnya mati.

Seperti yang dialami petani tembakau di desa setempat, Moch Yasin mengatakan, sekitar 20 hektare tanaman tembakau di desanya mati akibat diguyur hujan. Pasalnya, sejumlah saluran air di sawahnya tersumbat, sehingga air menggenangi puluhan hektare tembakau tersebut.

“Saluran airnya buntu (tersumbat). Oleh karena itu air menggenangi tembakau hingga beberapa jam,” ungkap Yasin, Sabtu (15/7/2023).

Akibat air yang menggenangi area persawahan tersebut, menyebabkan akar dari pada tembakau itu membusuk, hingga akhirnya daunnya layu dan mati. Sehingga, para petani langsung mengganti bibit tembakau yang baru, sembari tanah yang digenangi air tersebut masih basah.

Adapun, lanjut Yasin, ada sekitar ratusan ribu bibit tembakau berusia 20 hingga 40 hari yang mati. Sedangkan, milik Yasin, 12.000 bibit yang mati, sehingga mau tak mau, dirinya harus membeli bibit lagi untuk memperbarui tanaman yang mati.

“Sekitar 12 ribu bibit milik saya mati. Ya, mau tak mau akhirnya beli bibit lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yasin menambahkan, untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang. Pihaknya bersama puluhan petani, akhirnya kerja bakti memperbaiki saluran air yang tersumbat. Sehingga, jika air hujan datang, airnya bisa terus mengalir.

“Kami langsung kerja bakti selama beberapa hari memperbaiki saluran air tersebut. Semoga kedepan tak terjadi hal yang serupa,” pungkasnya. [riz/lis]

 

 

 

Tag : Tembakau, banjir, mati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat