21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Bojonegoro Klaim Akan Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |   16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   17:00 . Kronologi Lengkap Pencurian Motor Milik Pegawai Koperasi di Bojonegoro   |   16:00 . Gudang Beras di Bojonegoro Kebakaran, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |  
Tue, 30 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Alumni MTs Negeri Balen Rutin Santuni Anak Yatim Tiap Tahun

blokbojonegoro.com | Monday, 31 July 2023 13:00

Alumni MTs Negeri Balen Rutin Santuni Anak Yatim Tiap Tahun

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Wujud kepedulian terhadap sesama ditunjukan alumni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Balen dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu di seputaran Kecamatan Balen. Kegiatan tersebut diadakan rutin setiap tahun, pada peringatan 10 Muharram.

Pada tahun ini 1445 Hijriyah, para alumni MTs Negeri Balen angkatan tahun 2004 mengadakan bakti sosial santunan anak yatim piatu di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda (MH) Desa Lengkong Kecamatan Balen, Minggu (30/7/2023). Setidaknya ada puluhan siswa-siswi yang menerima santunan, selain dari MI Miftahul Huda Lengkong, juga dari SDN Lengkong, SDN Kedungdowo, dan SDN Mulyoagung.

"Ada sekitar 30 anak yang menerima santunan dari dana yang diberikan para alumni MTs Negeri Balen 2004 kepada panitia," kata ketua panitia, Rifai kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, acara ini dapat terselenggara atas kerjasama para alumni sebagai donatur sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Sehingga ia mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas kepercayaan yang diberikan untuk menyalurkan santunan ini.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan tali persaudaraan, khususnya kepada umat Islam dan Alumni MTs N Balen 2004. Sehingga bisa diadakan setiap tahun dan bergantian lokasi,” ujar Rifai.

Bahkan lanjut Rifai, dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi Ahaditsi Sayyidil Anbiya’ wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. "Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya," terangnya.

Sementara itu sekretaris alumni MTs Negeri Balen tahun 2004 menambahkan, bulan Muharam adalah bulan istimewa bagi umat Islam, selain peringatan tahun baru hijriah pada tanggal 1 Muharam, sebagian masyarakat bahwa tanggal 10 Muharram adalah Hari Raya Anak Yatim.

Diharapkan santunan yang telah diberikan kepada 30 anak dapat bermanfaat. "Santunan anak yatim di bulan Muharram memang menjadi program rutin kami setiap tahunnya. Sebagai alumni MTs N Balen 2004 wujud kepedulian kita terhadap anak yatim," imbuhnya.

Sedangkan dalam sambutan Kepala Sekolah MI Miftahul Huda Lengkong, H. Muhammad Bisri, sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diadakan MTs Negeri Balen atas kepedulian terhadap sesama. Pasalnya bisa bermanfaat buat anak-anak yatim yang masih sekolah di Kecamatan Balen.

"Semoga bisa bermanfaat buat anak-anak dan memacu semangat belajar anak, karena ada perhatian dan kepedulian buat mereka," tutur haji Bisri saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri perwakilan civitas MTs Negeri Balen, Drs H Miftahur Rohman, M. A, yang mendukung penuh kegiatan alumni dan siap mendampingi para alumni MTs Negeri Balen dalam setiap kegiatan. Didampingi itu Pak Mif juga memaparkan perkembangan MTs Negeri Balen, karena sekarang ini MTs Negeri Balen berubah nama menjadi MTs Negeri 5 Bojonegoro.

Berbagai kegiatan maupun proses belajar mengajar juga disinggung Pak Mif, sebagai upaya memperkenalkan lembaga pendidikan kepada anak-anak di Kecamatan Balen. "Saya sangat mendukung acara semacam ini, semoga tetap berlanjut dan persaudaraan sesama alumni semakin erat," pungkas Pak Miftahur Rohman.

Tampak dalam acara di MI MH Lengkong berlangsung semarak, karena dihibur boneka tangan yang dibawakan Kak Kak Mutho bersama Alfa dari Kampung Dongeng Bojonegoro yang membawakan cerita islami dan game ceria. Serta dihibur dengan alunan rebana dari Siswa/siswi MI Miftahul Huda Desa Lengkong. [lis]

 

 

 

Tag : Santunan, anak, yatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat