18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?

blokbojonegoro.com | Friday, 23 February 2024 15:00

Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Batalnya rotasi atau mutasi pejabat di lingkup Pemkab Bojonegoro secara mendadak menyebabkan muncul persepsi. Seperti halnya dugaan adanya intervensi politik, yang menyebabkan batalnya mutasi beberapa pejabat tersebut.

Hal ini diungkapkan mantan Ketua DPRD Bojonegoro periode 1999 - 2004 Anwar Sholeh. Menurutnya, ia mendapat informasi bahwa surat undangan pelantikan sudah diterima para pejabat yang akan dilantik, pada Kamis (22/2/2024). Proses pelantikan rencana dilakukan pada Jumat (23/2/2024) pukul 12.30 WIB.

Namun, beberapa jam setelah undangan sumpah/janji jabatan itu beredar, tiba-tiba undangan tersebut ditarik kembali, sehingga para pejabat yang akan dilantik dibatalkan. Hal itulah yang menjadi pertanyaan. Apalagi, alasan yang diberikan Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto sumir.

Menurut Mbah Anwar sapaan karibnya, Pj Bupati harus bisa melihat kondisi politik di Kabupaten Bojonegoro. Karena, lanjut dia, banyak pejabat dilingkup Pemkab Bojonegoro yang diduga melakukan politik praktis.

"Seharusnya Pj Bupati Bojonegoro itu harus tanggap politik, banyak pejabat di Bojonegoro yang secara terang-terangan melakukan politik praktis sehingga harus berani bertindak," ungkapnya, Jumat (23/2/2024).

Terkait adanya isu bahwa penundaan proses pelantikan itu karena adanya pengaruh terhadap pihak luar, Mbah Anwar menegaskan, tidak seharusnya orang nomor satu di Bojonegoro itu, takut terhadap pihak lain dalam menentukan kebijakan di wilayah kerjanya.

Mbah Anwar sebelumnya mengaku telah menyangsikan adanya rotasi pejabat. Namun dengan kejadian ini meyakinkan dirinya bahwa memang benar Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mendapat tekanan dari pihak luar dalam merotasi pejabat di lingkup Pemkab Bojonegoro.

"Sebelumnya saya masih ragu kalau Pj Bupati ini mendapat tekanan dari pihak lain, namun dengan batalnya rotasi pejabat ini meyakinkan saya bahwa ia mendapat tekanan dari luar. Ini kan "gila" takut sama orang lain dalam menentukan kebijakan," tegasnya.

Ia berpesan kepada Pj Bupati Adriyanto, agar berani mengambil kebijakan dan melangkah meskipun mendapatkan tekanan dari pihak lain. Karena ia merupakan pejabat dari pusat yang ditugaskan presiden untuk memperbaiki Kabupaten Bojonegoro.

"Seharusnya PJ harus melangkah, harus benar-benar menjalankan, mengakumulasi informasi dengan benar kemudain melangkah dan tak ada ketakutan dalam menentukan kebijakan untuk Bojonegoro," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto mengungkapkan bahwa, terdapat sebuah kegiatan di DKI Jakarta yang harus ia hadiri secara langsung. Sehingga, kegiatan pengambilan sumpah jabatan di Pendopo Malowopati Bojonegoro ditunda.

"Ditunda, karena saya hari ini ada agenda di Jakarta yang saya harus hadir fisik (langsung),” ungkap Pj Bupati Adriyanto singkat.

Sementara, disinggung soal adanya intervensi dari unsur politik di Kota Migas. Adriyanto, belum merespon pesan yang dilayangkan blokBojonegoro.com melalui pesan singkat di WhatsApp. [riz/lis]

 

Tag : mutasi, pejabat, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat