Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kapolres Bojonegoro Tekankan Netralitas Anggota di Pilkada 2024

blokbojonegoro.com | Monday, 13 May 2024 18:00

Kapolres Bojonegoro Tekankan Netralitas Anggota di Pilkada 2024

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto menekankan kepada anggota Polres Bojonegoro agar tetap menjaga netralitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bojonegoro yang akan berlangsung pada bulan November 2024 mendatang.

Hal tersebut, diungkapkan orang nomor satu di Polres Bojonegoro itu, saat memimpin apel di halaman Mapolres Bojonegoro, Senin (13/5/2024).

"Saya ingatkan kepada seluruh anggota Polres Bojonegoro, untuk tetap menjaga netralitas dalam Pilkada 2024," ungkap pria lulusan Akpol tahun 2004 itu, di hadapan para anggota.

AKBP Mario menyampaikan bahwa, netralitas Polri dalam Pemilu maupun Pilkada telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 28 ayat (1) yang menyebutkan Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Pada ayat (2), lanjut Mario, Polri juga tidak boleh menggunakan hak pilih dan dipilih. Sehingga pihaknya menegaskan bahwa, anggota Polri dilarang untuk membantu mendeklarasikan bakal pasangan calon dalam Pilkada.

Selain itu, anggota Polri juga dilarang menghadiri pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye dan pertemuan maupun komunitas relawan, mempromosikan, menanggapi, dan menyebarluaskan gambar, foto pasangan calon, baik melalui media massa, media daring (online), dan media sosial.

Lanjutnya, dilarang memberikan komentar, penilaian, mendiskusikan pengarahan apapun berkaitan dengan pasangan calon kepada keluarga atau masyarakat atau melakukan segala bentuk kegiatan politik praktis.

"Pedomani aturan yang berlaku sehingga anggota Polri khususnya anggota Polres Bojonegoro tidak melakukan pelanggaran terkait netralitas dalam Pilkada," tegasnya

"Apabila masih ditemukan adanya anggota Polres Bojonegoro yang melanggar ketentuan terkait netralitas, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya. [riz/mu]

Tag : Pilkada bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini