Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DKPP: Kemarau Tiba, Petani di Bojonegoro Mulai Bersiap Tanam Bibit Tembakau

blokbojonegoro.com | Friday, 12 July 2024 13:00

DKPP: Kemarau Tiba, Petani di Bojonegoro Mulai  Bersiap Tanam Bibit Tembakau

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Memasuki kemarau para petani di Kabupaten Bojonegoro, mulai menanam bibit tembakau. Namun para petani tersebut berharap, musim hujan masih ada karena awal tanam tetap membutuhkan air.

Kepala Bidang Tanaman Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, Imam Nurhamid menegaskan, petani sudah mulai menanam bibit tembakau sejak bulan lalu. "Saat ini sudah masuk bulan tanam tembakau, sehingga setelah petani panen padi, lahan mereka langsung ditanami tembakau," ungkapnya.

Menurutnya, cuaca panas di awal kemarau ini, cukup mendukung untuk mulai tanam tembakau. Akan tetapi para petani juga berharap masih ada hujan turun, terutama untuk mengairi tanaman tembakau.

"Harapannya masih ada hujan yang turun dan tidak sampai menggenangi tanaman tembakau, yang pasti cukup untuk pasokan air terutama saat baru tanam," ujar Imam.

Namun, DKPP Bojonegoro masih belum merekap luasan tanaman tembakau tahun ini. Sebab, para petani baru proses melakukan tanama bibit tembakau. Bahkan ada yang masih proses dan sudah tanam, misalnya di Kecamatan Sumberrejo dan Kedungadem. 

Lanjut Kabid Bidang Tanaman Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, tahun 2023 luas areal tanaman tembakau di Kabupaten Bojonegoro cukup luas sekitar 11.898 hektare yang mencakup 22 kecamatan. "Terluas area tanaman tembakau di Kecamatan Kepohbaru 4.027 hektare dan diurutan kedua Kecamatan Kedungadem seluas 1.740 hektar, areal tersebut setiap tahun ditanami tembakau," bebernya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : tani, tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini