Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Pernikahan Anak, 70 Champion Like-R Inklusi PD Aisyiyah Bojonegoro Dikukuhkan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 July 2024 20:00

Cegah Pernikahan Anak, 70 Champion Like-R Inklusi PD Aisyiyah Bojonegoro Dikukuhkan

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Guna mencegah pernikahan anak dan menekan penurunan angka stunting. Sebanyak 70 champion remaja Like-R dikukuhkan oleh Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Bojonegoro melalui program Inklusi, Selasa (30/7/2024).

Pengukuhan yang dilakukan di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro itu, mengusung tema Our Health, our right, be the change. Pengukuhan tersebut, bertujuan untuk menumbuhkan remaja-remaja penggerak yang memiliki kepedulian dan kemampuan menggerakkan program atau kegiatan terkait pemenuhan HKSR, pencegahan perkawinan anak dan penurunan stunting sejak dini.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Jatim, Rukmini Amar mengungkapkan, program Inklusi di Jawa Timur hanya terdapat di 2 kabupaten yaitu Bojonegoro dan Probolinggo. Ia berharap program Inklusi di Bojonegoro dalam kegiatan pengukuhan remaja hari ini dapat bertumbuh dan berkembang dengan tidak merusak masa depannya.

Ke depannya, lanjut Rukmini Amar, remaja harus menjadi generasi yang mandiri, dimana mereka harus bisa menyelesaikan masalahnya terhadap dirinya sendiri. Ia berharap remaja yang telah dikukuhkan dapat menggerakkan dan memberikan contoh kepada teman sebaya di sekolah masing-masing.

“Pengukuhan champions remaja Like-R ini akan menjadi sejarah di Kabupaten Bojonegoro,” ungkap Rukmini.

Sementara itu, Sekda Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, di Kabupaten Bojonegoro terdapat sekitar 356 ribu jiwa anak-anak hingga remaja yang berusia 0-19 tahun. Hal ini dapat menunjukkan bahwa anak-anak dapat dipersiapakan menjadi generasi emas harus sedini mungkin.

Dalam bersinergi dengan pimpinan pusat, lanjut Nurul, ada 6 hal yang difokuskan Kabupaten Bojonegoro dalam hal tersebut, diantaranya mengurangi kemiskinan, mengurangi stunting, pengendalian inflasi, meningkatkan mutu pendidikan, menghadapi kebencanaan serta meningkatkan pendapatan UMKM dan wisata.

“Tanpa bantuan bapak ibu dan masyarakat Bojonegoro program tersebut tentu tidak bisa berjalan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Like-R merupakan program Inklusi yang dijalankan oleh PD ‘Aisyiyah Bojonegoro dan bersinergi dengan PD Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Bojonegoro, berupa layanan kesehatan, edukasi kesehatan seksual, reproduksi remaja serta penurunan stunting. Like-R digerakkan oleh pelajar maupun kelompok remaja di sekolah dan komunitas, para penggerak. [riz/red]

 

Tag : Like r, pd Aisyiyah, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini