Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gandeng blokBojonegoro, Tim IT Matsagabo Gelar Diklat Jurnalistik

blokbojonegoro.com | Friday, 20 September 2024 07:00

Gandeng blokBojonegoro, Tim IT Matsagabo Gelar Diklat Jurnalistik

Pengirim: Slamet Widodo, S.Pd.

blokBojonegoro.com - Guna membangkitkan kembali gairah literasi di MTs Negeri 3 Bojonegoro (Matsagabo) tim Informasi dan Teknologi (IT) yang dikomandani Suwanto, S.Pd. mengadakan diklat jurnalistik pada Sabtu (7/9/2024).

Diklat yang diadakan di aula madrasah setempat itu diikuti lima puluh peserta guru dari Madrasah setempat dan anggota KKM MTs Negeri 3 Bojonegoro.

Untuk menggali lebih dalam ilmu jurnalistik, tim IT menggandeng M. Nur Muharrom Redaktur media Online blokBojonegorom.com sebagai narasumber.

Selain materi jurnalistik, juga materi internet marketer yang disampaikan oleh Jalaluddin Al-Haq, staff Tata Usaha MTs Negeri 3 Bojonegoro.

Pak Suwanto, ketua panitia sekaligus ketua Tim IT dalam sambutan laporan panitia menyampaikan tujuan utama diklat adalah membekali guru ilmu menulis dan dasar-dasar jurnalistik.

“Selanjutnya, guru-guru tersebut bertugas membimbing siswa untuk mewujudkan dan melaksanakan program literasi di madrasah,” jelasnya.

Di akhir sambutan, guru Bahasa Inggris yang beralamat di desa/kecamatan Bubulan ini berpesan kepada peserta dengan membacakan pantun.

“Bu Muntik jalan-jalan ke pantai kelapa. Indah pantainya dan penuh pesona. Diklat jurnalistik dilaksanakan MTsN 3 Bojonegoro. Mari kita ikuti dengan saksama jangan hanya tebar pesona,” tuturnya disambut tawa dan tepuk tangan meriah seluruh peserta.

Kepala MTs Negeri 3 Bojonegoro, Drs. H. Juki, M.Pd. menuturkan bahwa kemampuan berliterasi itu penting untuk dimiliki oleh semua orang, terutama guru dan siswa. Literasi bukan hanya membaca dan menulis.

“Namun lebih dari itu. Kemampuan seseorang untuk memahami, menginterpretasikan, dan menggunakan informasi dengan baik. Literasi juga melibatkan keterampilan berbahasa, berpikir kritis, dan komunikasi yang efektif,” jelasnya.

Sebagai kepala madrasah, pihaknya sangat mendukung dan mendorong terlaksananya kegiatan literasi di madrasah.

“Karena itu, kami harapkan seluruh peserta agar mengikuti diklat dengan baik. Nantinya, ilmu yang didapat bisa dikembangkan di madrasah masing-masing, agar tidak sia-sia ilmunya,” pesan Pak Juki.

Sementara itu, M. Nur Muharrom, memaparkan materi tentang dasar-dasar menulis berita dan menulis mudah.

“Agar mudah dalam menulis, awali menulis cerita atau pengalaman pribadi Anda. Itu lebih menarik perhatian pembaca,” tutur alumni MA At-Tanwir Talun Sumberrejo tahun 2006 ini.

Selain itu bapak satu anak ini juga memaparkan, bahwa blokBojonegoro.com dan blokTuban.com sangat terbuka dengan kiriman-kiriman berita dari bapak ibu guru serta siswa juga mahasiswa. Dengan catatan tulisan yang dikirim sudah jadi berita. Meski begitu tidak menutup kemungkinan apabila ada tulisan yang belum sempurna biasanya editor akan memberikan masukan untuk dilakukan perbaikan.

"Silahkan apabila ada kegiatan apa saja, atau ada hal yang menarik di sekolah bisa bapak ibu tulis dan dikirim ke bB, nanti pasti akan kita naikkan di website blokBojonegoro.com. Dan kami sangat terbuka apabila ada yang ingin belajar menulis kami siap membantu," jelasnya.

Acara berjalan dengan lancar dan tertib. Selanjutnya tim IT akan melaksanakan kegiatan tindak lanjut dari diklat jurnalistik tersebut. [mu]

 

Tag : Mtsn 3 bojonegoro, mtsn 3 kepohbaru, mts kepohbaru, sekolah jurnalistik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini