Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Crafter Bojonegoro Rasakan Manfaat E-commerce PaDi UMKM, Fasilitasi Pelaku Usaha Hingga Beri Edukasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 October 2024 16:00

Crafter Bojonegoro Rasakan Manfaat E-commerce PaDi UMKM, Fasilitasi Pelaku Usaha Hingga Beri Edukasi

 Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Selain permodalan nyatanya ada permasalahan klasik lain yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), yaitu pemasaran produk.

Bahkan tak sedikit pelaku UMKM yang kesulitan dalam memasarkan produknya. Jangkauan pasar yang terbatas menyebabkan pemasaran menjadi kurang optimal, sehingga tingkat pendapatan dan keuntungannya pun kurang maksimal. 

Kini para pelaku UMKM tidak perlu khawatir, karena telah hadir PaDi UMKM yang memfasilitasi pelaku usaha dalam memasarkan produknya secara online. Tak hanya itu, PaDi UMKM juga memberikan peluang bagi Sahabat Wirausaha menjadi pemasok barang dan jasa untuk perusahaan-perusahaan BUMN sekaligus memperluas jangkauan pasar. 

Unin Rosalini, wanita kelahiran Bojonegoro mengaku, bergabung dengan PaDi UMKM sejak bulan Maret 2022. Crafter ini berujar benefit yang ia peroleh selama bergabung sangat beragam. Terutama edukasi workshop melalui zoom meeting maupun WhatsApp group, hingga fasilitas jual beli pada e-commerce.

"PaDi UMKM ini sama seperti E-comerce Shopee maupun buka lapak. Bedanya dikelola oleh BUMN, dan lebih lengkap karena ada fasilitas workshop agar UMKM naik kelas," ungkap Kak Ros sapaan karibnya.

Terkait sistem transaksi dan pembayaran sendiri, e-commerce PaDi UMKM ini sangat menguntungkan antara penjual dan pembeli. Terutama ada fasilitas pembayaran melalui tempo pembayaran yang telah ditentukan, fasilitas digital money seperti QRIS dan juga kredit Indonesia terbaru.

"Cuma kekurangannya itu, fiturnya selalu dilakukan update dan baru-baru ini ada fitur pre order bagi pelaku usaha atau pembeli," ucapnya.

Lanjut wanita asal Mojokampung, produk apa saja yang terdaftar di e-commerce PaDi UMKM. Menurutnya hampir semua produk bisa terdaftar, baik ecer hingga beli secara B2B juga grosir pun tersedia. "Mulai dari barang elektronik sampai produk UMKM ada semua, produknya dari seluruh Indonesia. Bahkan produk craft pun juga ada," bebernya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Dagang, online, ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini