19:00 . Lantik Pj Sekda, Pj Bupati Harapkan Percepatan Pelayanan Publik dan Peningkatan Promosi Daerah   |   16:00 . Stand Dekranasda Bojonegoro Raih Penghargaan Nest of The Best Element Event Jatim Fest   |   15:00 . Jelang Laga Derby Persibo vs Persela, Polres Bojonegoro Sekat Jalur Perbatasan   |   14:00 . Rakor HSN 2024, Kemenag Bojonegoro Siapkan Lomba Tahfidz Berhadiah Umroh   |   14:00 . Pemkab Bojonero Terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Ngawi, Estafet Diberangkatkan ke Tuban   |   10:00 . Alumni Santri Langitan Siap Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   08:00 . Tuduhan Anti Kritik, Kadis Kominfo Siswoyo Beri Tanggapan   |   07:00 . Desa DAS Bengawan Solo Bojonegoro Jadi Desa BRILian 2023   |   22:00 . Tingkatkan Perhatian Bagi Pekerja Sosial Keagamaan, Cabup Setyo Wahono Siapkan Insentif untuk Penggali Kubur   |   21:00 . Tim PKM Dosen dan Mahasiswa Unugiri Lakukan Pelatihan Pengelolaan Garut pada Masyarakat   |   20:00 . Geger, Kenek Bus Ditemukan Meninggal di Bagasi Saat Istirahat di Terminal Bojonegoro   |   19:00 . Ratusan Guru Swasta di Bojonegoro Unjuk Rasa di Gedung DPRD dan Pemkab   |   18:00 . Sepekan, Ribuan Pelajar di Bojonegoro Serbu Angkutan Gratis   |   21:00 . Mahasiswa STIE Cendekia Bojonegoro Raih Juara 2 Lomba Pekan Ilmiah Akuntansi Tingkat Nasional   |   20:00 . Cabup Setyo Wahono Sapa Pedagang Pasar Ngasem, Sampaikan Program Bantuan IKM Rp 1 Miliar Per Desa   |  
Thu, 10 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa DAS Bengawan Solo Bojonegoro Jadi Desa BRILian 2023

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 October 2024 07:00

Desa DAS Bengawan Solo Bojonegoro Jadi Desa BRILian 2023

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Cengungklung jadi satu-satunya desa pilihan BRI Cabang Bojonegoro yang diikutsertakan dalam kompetisi Desa BRILiaN 2023. Memangnya apa keunggulan dari desa ini?

Hingga kini, nyaris setiap tahun. Kawasan di tepi aliran sungai Bengawan Solo ini masih langganan banjir. Desa Cengungklung di Kecamatan Gayam juga tak pernah absen disambangi banjir.

"Kami ingin Cengungklung tidak hanya terkenal karena banjir, tapi karena potensi lainnya,"ungkap Kepala Desa Cengungklung, Toto Hariyanto.

Bak gayung bersambut, keinginan Pak Lurah dan para penggerak BUMDes setempat untuk mengembangkan potensi desa selaras dengan visi misi program Desa BRILiaN yang digagas PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Mengutip situs resmi bri.co.id, Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa sebagai komitmen Bank BRI untuk mengembangkan potensi desa yang fokus pada kombinasi empat aspek.

Pertama, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang aktif sebagai penggerak ekonomi desa. Kedua, digitalisasi yang terimplementasi di desa, termasuk keuangan digital dan pemanfaatan produk-produk digital BRI.

"Ketiga, desa kreatif dalam memecahkan permasalahan kemasyarakatan dan sosial desa. Keempat, desa tangguh yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor usaha unggulan desanya secara berkesinambungan," ujarnya.

Sementara itu, Mantri BRI Unit Gayam, Ghaniy Noval berujar bahwa ia melihat Cengungklung ini sangat menarik potensinya untuk dikembangkan, pihak desa juga sudah mulai mengembangkan agrowisata walaupun belum 100 persen jadi. "Saya daftarkan dan ternyata dipilih jadi perwakilan Bojonegoro (untuk kompetisi Desa BRILiaN 2023)," sambung Mantri BRI Unit Gayam, Ghaniy Noval.

Desa Cengungklung jadi satu-satunya desa pilihan BRI Cabang Bojonegoro yang diikutsertakan dalam kompetisi Desa BRILiaN 2023. Memangnya apa keunggulan desa ini?

Ketua BUMDes Desa Cengungklung, Mukid menuturkan, pemerintah desa bersama BUMDes dan organisasi karang taruna setempat sepakat untuk menggali potensi dan mengembangkan daerah tempat tinggal mereka.

"Pemdes yang membiayai melalui dana desa, BUMDes manajemennya, karang taruna pelaksananya di lapangan. Kami semua sudah terkoordinasi dan sepakat mengembangkan potensi desa agar semakin dikenal," bebernya. [liz/mu]

 

Tag : Bri, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat