19:00 . Ketua Komisi B Terima Banyak Keluhan Sektor Pertanian   |   18:00 . Rumput Lahan Kosong Terbakar, Warga Desa Campurrejo Panik   |   17:00 . Syahdu di Warung Semok Bareng Gong Bumbung   |   15:00 . Gong Bumbung Jidok Temani Warung Semok   |   14:00 . Mars Kemenag, Ajang Kenalkan ASN Untuk Tanamkan Kerja dan Jalin Kesatuan   |   13:00 . Harga Emas Terpantau Turun Rp 3.000 Per Gram   |   12:00 . Tingkatkan IDM di Bojonegoro, Pemkab Sinergikan Para Pemangku Kebijakan   |   11:00 . Hari Terakhir, BPKAD dan Bapedda yang Diminati, Disdik Masih Kosong   |   10:00 . Saka Wira Kartika Siaga Kodim Bojonegoro Laksanakan Baksos di Rendeng   |   09:00 . Disnakan Berikan Bimtek Pengolahan Pakan Ternak   |   08:00 . Sejuk dan Jernih, Wisata Air yang Murah dan Menarik   |   07:00 . Kunci Stamina Prima untuk Calon Pengantin   |   20:00 . Peringati Milad HMI Akan Gelar Lomba Menulis   |   19:00 . Hadapi Puncak Musim Hujan, BPBD Petakan KRB   |   17:00 . Dinsos Bojonegoro, Anggarkan Rp15,3 M untuk KPM BPNT-D   |  
Wed, 29 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 04 May 2018 15:00

Ali Ibrohim, Pemenang Penulisan Esai FTBM

Terinspirasi Pram, Tuangkan Pemikiran dalam Tulisan

Terinspirasi Pram, Tuangkan Pemikiran dalam Tulisan

Reporter: Sutopo
 
blokBojonegoro.com - Dunia tulis-menulis  sudah tak asing bagi dirinya, dia seorang mantan wartawan di Gresik yang kini mememilih menjadi seorang penulis buku dan puisi. Adalah Ali Ibrahim (25), pemuda asal Kecamatan Balen, Bojonegoro.
 
Mas Bro sapaan akrabnya memang hobby menulis sisi lain kehidupan disekitar kita. Contohnya, saat ini dirinya telah berhasil menulis buku berjudul 'Bunga Rampai'. "Buku tersebut memuat tentang sisi lain dan kearifan lokal Kabupaten Bojonegoro," kata Mas Bro kepada blokBojonegoro.com.
 
Pria yang pernah mengenyam pendidikan Sarjana Hukum Islam di Universitas Sunan Sunan Ampel Surabaya (UINSA) itu memang sangat hoby menulis. Bahkan, baru baru ini dirinya tengah mencanangkan program menulis puisi. Yang nantinya, puisi-puisi tersebut akan dibukukan.
 
Bagi dia, tulisan yang ia gemari adalah terkait keberpihakan kepada orang kecil dan sebuah idealisme kemanusiaan. Dia, juga gencar menyoroti tentang nasib para petani yang ada di Bojonegoro. 
 
Bahkan, saking cintanya terhadap petani, di akun facebook nya pun pernah ditulis nama Ibrohim Tani. Yang mana itu adalah wujud solidaritas dirinya dengan para petani desa yang berada di lingkungannya.
 
"Saya lahir dari seorang petani. Maka yang harus berpihak kepada petani," terang pria yang mengidolakan seorang penulis legendaris, Pramoedya Anantatoer itu.
 
Akhir-akhir ini, dirinya juga dinobatkan sebagai Juara Lombai Penulisan Esai yang digelar oleh Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Bojonegoro dengan tema terkait lumbung energi dan kemiskinan yang ada di Kota Ledre ini.
 
"Saya kemarin mengambil judul 'Migas Bojonegoro : Belajar dari Kegagalan Pembangunan Orde Baru'," beber Mas Bro kepada media ini.
 
Tak berhenti disitu, Mahasiswa S2 Unitomo Surabaya itu akan terus berjuang untuk berkarya dan menulis. Sebab, bagi dia menulis adalah bagian dari hidupnya. "Ya paling tidak, saya itu terinspirasi oleh sosok Pram (Pramoedya Anantatoer)," ungkapnya. [top/col]

Tag : Profil, lomba


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat