13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Rindu Taman Jeruk: Palestina

blokbojonegoro.com | Sunday, 06 May 2018 06:00

Rindu Taman Jeruk: Palestina

Peresensi: Yayuk Ida Rahayu*
 
Novel berjudul Rindu Taman Jeruk: Palestina  ini merupakan karya besutan M.Thoha Anwar, pria kelahiran Ponorogo, 11 Juli 1958. Lelaki yang sudah berusia separuh abad lebih ini pernah mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar dan Institut Studi Islam, Keduanya berada di Kairo, Mesir. Beberapa karyanya yang sudah terbit antara lain : Bercanda Burung – burung (novel, 2001); Dilema Seorang Ibu (kumpulan cerpen, 1982). Dia juga menerjemahkan beberapa buku, antara lain : Fikih Dakwah (2002); Islam Meluruskan Bangsa (1992); Pengobatan Cara Nabi (1991). Kesibukannya saat ini adalah sebagai pengajar di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat. 
 
Novel yang berjudul Rindu Tamah Jeruk: Palestina! Ini menceritakan tentang seorang laki–laki berambut hitam lurus, berhidung tidak mancung, berkulit sawo matang, duduk di atas bangku yang langsung berhadapan dengan laut lepas, sedang asyik membaca, atau ia tenggelam dalam bacaanya. Lelaki ini berasal dari Indonesia yang bernama Pramono, hanya karena orang arab mengeja huruf “P” menjadi “B” maka namanya berubah menjadi Bramono. 
 
Bramono menoleh ke kanan, pandangannya menatap jauh seorang gadis yang berjalan sendiri. Benarkah itu Hala? Bukankah gadis Palestina yang begitu akrab dengannya itu telah mengucap kata selamat berpisah? Dan mungkin tidak akan pernah bertemu dengannya di Kairo, Alexandria , bahkan seluruh Mesir?. Perpisahan yang pahit memang, Cinta yang terputus tetapi tidak bercengeng – cengeng ria.
 
Masih teringat ketika Hala menatap Bramono dengan sendu dan berkata “Maafkan aku Bram, aku tidak bisa jika harus tinggal bersamamu di Indonesia, sekalipun aku juga mengagumi negerimu yang indah dan orang – orangnya yang yang ramah – ramah”. Terimakasih atas kebaikanmu dengan memberikan tawaran kepadaku, tetapi aku seperti kau juga yang mencintai negerimu. Aku sangat cinta dan rindu pada negeriku: Palestina, suatu saat aku harus kembali ke sana, apapun yang bakal terjadi”.
 
Karena melihat kesungguhan Hala Bramono menjawab dengan gagah pula, “ Cita– cita tidak boleh dikalahkan dengan cinta Hala, aku mengerti. Toh kita bukan remaja yang bercengeng – cengeng cinta. Aku datang ke negeri ini bukan untuk tinggal selamanya, bukan pula untuk mati. Tetapi untuk menuntut ilmu dan kemudian kembali ke negeriku, seperti juga kau harus kembali ke negerimu”. Tidak ada tangisan dan air mata mereka berpisah dengan tegar dan ikhlas. Perpisahan itu telah menjadi kenyataan, barang kali tidak mungkin mereka akan bertemu kembali. 
 
Perkenalan antara Bramono dan Hala dimulai ketika suatu hari Bramono melihat – lihat pameran seni budaya Palestina yang diselenggarakan oleh Himpunan Wanita Palestina. Tepatnya di gedung milik Liga Arab di dekat lapangan Tahrir Kairo. Pramono berdiri dan mondar – mandir melihat – lihat dan mengamati pameran itu sehingga menarik perhatian salah seorang gadis yang menjaga stand pameran itu. Gadis tersebut yang tak lain adalah Hala. Kemudian mereka saling memperkenalkan nama. Hala merasa akrab seketika Bramono menyebut dirinya orang Indonesia. Karena Indonesia adalah negara yang selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam forum – forum Internasional. 
 
Gadis yang ditempa kekerasan hidup seperti Hala, memang pantas kalua kadang bersikap galak, tetapi sebenarnya memiliki hati yang lembut, dan bisa menangis terisak – isak ketika mengingat kematian kedua orang tuanya. Pernah Hala memberikan kesaksian di depan Bramono. “Ayahku diringkus tentara Israel, diikat kaki dan tangannya, kemudian disiksa sedemikian kejamnya didepan mataku dan mata ibuku, kami juga diringkus tetapi tidak disiksa, ayahku meninggal karena seluruh tubuhnya remuk, dan ibuku meninggal setelah beberapa bulan kematian ayahku”. 
 
Setelah kematian ayah dan ibuku, aku dibiayai oleh saudara – saudara ayahku dan aku menyelesaikan kuliahku di Gaza. Syukur allhamdulillah kuliahku selesai juga tanpa harus menunggu terlalu lama lagi. Aku ingin tuhan mengabulkan do’aku melahirkan anak–anak sekaliber Khalid bin Walid, Ibnu Waqqash, Amir bin ‘Ash dan lain – lain. Orang–orang berkualitas seperti merekalah yang sanggup membebaskan tanah Palestina, tanah berkumpulnya para nabi yang mulia, tanah kebun jeruk yang subur dengan bunga- bunga yang mekar semerbak wangi di kala musimnya tiba.
 
Laut terus bergelombang. Senja semakin Temaram. Bramono begitu kaget ketika pedagang koran menghampirinya dan menawarkan koran edisi sore hari. Lebih kaget lagi ketika Bramono membeli koran dan membaca berita headline : Seorang gadis Palestina meledakkan tubuhnya dengan bom di markas tentara Israel. Berita selanjutnya menjelaskan bahwa gadis itu bernama Hala Awadh. . . Seketika itu Bramono terhuyung – huyung mau jatuh, tetapi kemudian ia memekik “Allahu Akbar”. 
 
Novel yang mengisahkan perjuangan seorang wanita yang ayah dan ibunya ditindas mati oleh tentara Israel ini mampu membuat pembaca terharu. 
Kekurangan Novel : 
Banyak penulisan kata yang salah sehingga pembaca harus mampu membenarkan kata yang sebenarnya atau seharusnya. Selain itu alur ceritanya juga acak, Endingnya kurang begitu menarik. 
 
Identitas Novel 
Penulis             : M.Thoha Anwar
Editor : Izmir Azlan
Desainer Sampul : Satrio Amal Budiawan
Percetakan : Gapprint
Penerbit : Erlangga
Tahun Terbit : 2014
Kota Terbit : Jakarta
Jumlah Halaman : 125 hal.
*Mahasiswa STIKes ICsada Calon anggota LPM V

Tag : Rindu, blok buku



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat