19:00 . Resiko Petani Melon, Pernah Ditipu Tengkulak saat Panen   |   18:00 . Modal Besar, Petani Melon Berani Ambil Resiko   |   17:00 . Musim Hujan, Petani di Desa Kayulemah Tanam Melon   |   16:00 . Suporter Desak Manajemen Berikan Kejelasan Tentang Persibo   |   15:00 . Tingkatkan PAD, Sejumlah Fasilitas di Dander Park Ditambah   |   14:00 . 1.300 CJH Bojonegoro, Dijadwalkan Berangkat 2019 ini   |   13:00 . Dirasa Baru, Cabor Ini Pasrah Target Satu Medali   |   12:00 . Viral....! Bus Terbakar di Terminal   |   11:00 . Bus Terbakar Berhasil Dipadamkan   |   10:00 . Bus AGRA Jurusan Jakarta Terbakar di Terminal Bojonegoro   |   09:00 . Dari Kelinci, Peternak Asal Kapas Ini Raup Puluhan Juta   |   08:00 . Saat UNBK, Sekolah Harus Siap Genset   |   07:00 . 5 Aturan Pamer Kemesraan di Media Sosial   |   06:00 . Simpul Maiyah Lintas Wilayah Ramaikan Milad Ke-3 Serdadu Cinta Bojonegoro   |   22:00 . Penyerahan Cindera Mata, Buka Milad Serdadu Cinta Bojonegoro   |  
Sun, 17 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 10:00

Rizky Firmansyah, Juara 3 KSM Provinsi Jatim Mapel Matematika.

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Terik Matahari begitu menyegat disertai hembusan angin, Kala blokBojonegoro.com berkunjung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bojonegoro. Tak selang beberapa lama, datanglah salah satu siswa memasuki ruang Kepala sekolah sembari melemparkan senyum simpul.

Dia lah, Rizki Firmansyah, siswa yang berhasil menyabet juara 3 dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Matematika tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jombang akhir Juli lalu. Pemuda kelahiran 3 Agustus 2002 ini mengaku tidak ada persiapan khusus saat dirinya mengikuti KSM tersebut. Dirinya mengaku sempat grogi karena banyak siswa terbaik yang dikirim mengikuti kompetisi.

"Ya memang sebelum ikut KSM, sempat ikut tes kemampuan di Kabupaten Malang," celoteh  siswa yang akrab disapa Rizki oleh teman sekolahnya itu.

Sebelumya, putra pasangan Iswanto dan Puji Rahayu ini diberikan pemantapan materi oleh guru pembinbing selama dua bulan, hal itu dimaksudkan agar saat pelaksanaan pada KSM di Kabupaten Jombang tersebut tidak grogi saat mengerjakan soal. Selain itu, dirinya  juga mengatur jam belajar saat berada di asrama. Pasalnya, ia harus memahami materi yang diberikan oleh guru pembimbing.

"Pesaing yang cukup berat, yakni siswa dari MAN 2 Malang karena madrasah tersebut selalu menjadi juara umum pada KSM provinsi tahun lalu," tutur Rizky kepada blokBojonegoro.com.

Kesenangannya pada mapel Matematika ini diakuinya sejak dirinya masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Menurutnya Matematika itu pelajaran yang memang untuk mengasah otak, bahkan selama ini nilai matematika yang diperolehnya selalu mendapat nilai tertinggi, sehingga dapat memotivasi dirinya menjadi yang terbaik di kelasnya.

Terpisah, guru pembimbing, Ainul Hidayati mengaku Rizki Firmansyah ini merupakan siswa yang mempunyai kecerdasan, bahkan dia selalu mendapat rangking pertama di kelasnya.

"Jadi tidak heran kalau dapat juara KSM tingkat Provinsi," beber guru Matematika yang akrab disapa Ainul itu.

Ainul menambahkan, sebelumnya, Rizky juga pernah mengikuti lomba Matematika yang dilaksanakan di UNUGIRI Bojonegoro, yang diikuti siswa sekarasidenan, dan syukur prestasi juara 1 didapatnya.

Dengan mendapat juara 3 pada KSM Provinsi kini, dirinya mempersiapkan untuk mengikuti KSM tingkat Nasional. "Ya mudah-mudahan bisa mendapat prestasi kembali dan bisa membawa nama harum MAN 1 Bojonegoro ke tingkat Nasional," harap Rizky kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]

Tag : profil, juara, ksm

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more