18:00 . Daun kering rawan kebakaran   |   17:00 . Ikan Asap Solusi Ketika Harga Daging Sedang Melambung   |   16:00 . Jika Ada Bencana, ini yang Akan Dilakukan KPU   |   14:00 . Pemuda Mojodelik Terlibat Sebagai Panitia PTSL   |   13:00 . Kemarau, Jadi Berkah Bagi Tukang Gali Sumur   |   12:00 . Siswa SD di 2 Kecamatan Terima Kartu ATM PIP   |   11:00 . Bupati Berikan Penghargaan untuk Masyarakat Berprestasi   |   10:00 . Kelelahan saat Upacara, 12 Siswa Dirawat   |   09:00 . Upacara HJB, Bupati Ajak Semua Lebih Produktif   |   08:00 . Pemuda Bojonegoro Ikuti Jambore Pemuda Daerah   |   07:00 . Daftar Negara dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi, Bagaimana Indonesia?   |   23:00 . LPPNU Bojonegoro Sosialisasikan Program Bantuan Tanam Jagung   |   22:00 . 29 Gunungan Dibagikan di Grebeg Berkah   |   21:30 . Bupati Terima Api Abadi   |   21:00 . Filosofi Musik 'Ning Nong Gung' dalam Iringan Grebek Berkah   |  
Sun, 21 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 10:00

Rizky Firmansyah, Juara 3 KSM Provinsi Jatim Mapel Matematika.

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Terik Matahari begitu menyegat disertai hembusan angin, Kala blokBojonegoro.com berkunjung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bojonegoro. Tak selang beberapa lama, datanglah salah satu siswa memasuki ruang Kepala sekolah sembari melemparkan senyum simpul.

Dia lah, Rizki Firmansyah, siswa yang berhasil menyabet juara 3 dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Matematika tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jombang akhir Juli lalu. Pemuda kelahiran 3 Agustus 2002 ini mengaku tidak ada persiapan khusus saat dirinya mengikuti KSM tersebut. Dirinya mengaku sempat grogi karena banyak siswa terbaik yang dikirim mengikuti kompetisi.

"Ya memang sebelum ikut KSM, sempat ikut tes kemampuan di Kabupaten Malang," celoteh  siswa yang akrab disapa Rizki oleh teman sekolahnya itu.

Sebelumya, putra pasangan Iswanto dan Puji Rahayu ini diberikan pemantapan materi oleh guru pembinbing selama dua bulan, hal itu dimaksudkan agar saat pelaksanaan pada KSM di Kabupaten Jombang tersebut tidak grogi saat mengerjakan soal. Selain itu, dirinya  juga mengatur jam belajar saat berada di asrama. Pasalnya, ia harus memahami materi yang diberikan oleh guru pembimbing.

"Pesaing yang cukup berat, yakni siswa dari MAN 2 Malang karena madrasah tersebut selalu menjadi juara umum pada KSM provinsi tahun lalu," tutur Rizky kepada blokBojonegoro.com.

Kesenangannya pada mapel Matematika ini diakuinya sejak dirinya masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Menurutnya Matematika itu pelajaran yang memang untuk mengasah otak, bahkan selama ini nilai matematika yang diperolehnya selalu mendapat nilai tertinggi, sehingga dapat memotivasi dirinya menjadi yang terbaik di kelasnya.

Terpisah, guru pembimbing, Ainul Hidayati mengaku Rizki Firmansyah ini merupakan siswa yang mempunyai kecerdasan, bahkan dia selalu mendapat rangking pertama di kelasnya.

"Jadi tidak heran kalau dapat juara KSM tingkat Provinsi," beber guru Matematika yang akrab disapa Ainul itu.

Ainul menambahkan, sebelumnya, Rizky juga pernah mengikuti lomba Matematika yang dilaksanakan di UNUGIRI Bojonegoro, yang diikuti siswa sekarasidenan, dan syukur prestasi juara 1 didapatnya.

Dengan mendapat juara 3 pada KSM Provinsi kini, dirinya mempersiapkan untuk mengikuti KSM tingkat Nasional. "Ya mudah-mudahan bisa mendapat prestasi kembali dan bisa membawa nama harum MAN 1 Bojonegoro ke tingkat Nasional," harap Rizky kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]


PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




Video bB

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim), Arif Rahman memberi himbauan kepada masyarakat umum, khususnya yang ada dalam kegiatan tersebut agar lebih cerdas dalam mengkonsumsi berita....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar...

    read more