19:00 . Hujan Lebat, Sawah di Cancung Tergenang Banjir   |   18:00 . Nikmatnya Es Bubur Campur di Basuki Rahmat Bojonegoro   |   17:00 . Besok, Giliran Tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA se Kabupaten   |   16:00 . Porprov 2019, Dinpora Siapkan Rp5,7 M   |   15:00 . Kejuaraan Drum Band/Marcing Band Tingkat TK/RA se-Bojonegoro   |   14:00 . Diduga Bensin Tumpah, 2 Kios di Sumberrejo Terbakar   |   13:00 . 12 Cabor Tanding di Bojonegoro, Koni Gelar Rapat Persiapan   |   12:00 . Asap Tebal di Tepi Jalan Raya Sumberrejo   |   11:00 . SDN Sekaran Ajak Siswa Belajar Seni Kaligrafi   |   10:00 . Gara-gara Goreng Ikan Rumah Warga Padangan Hangus   |   09:00 . Taekwondo Tambah Porsi Latihan   |   08:00 . Uji Coba Jembatan, Masyarakat Tak Boleh Lewat   |   07:00 . 8 Mitos Diet yang Tak Perlu Lagi Dipercaya   |   21:00 . Ayo...! Ke Jembatan Bojonegoro-Trucuk   |   20:00 . Woww..! Beban Statis Jembatan 550 Ton   |  
Sat, 15 December 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 10:00

Rizky Firmansyah, Juara 3 KSM Provinsi Jatim Mapel Matematika.

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Perlu Atur Waktu dan Telaah Kembali Materi

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Terik Matahari begitu menyegat disertai hembusan angin, Kala blokBojonegoro.com berkunjung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bojonegoro. Tak selang beberapa lama, datanglah salah satu siswa memasuki ruang Kepala sekolah sembari melemparkan senyum simpul.

Dia lah, Rizki Firmansyah, siswa yang berhasil menyabet juara 3 dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Matematika tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jombang akhir Juli lalu. Pemuda kelahiran 3 Agustus 2002 ini mengaku tidak ada persiapan khusus saat dirinya mengikuti KSM tersebut. Dirinya mengaku sempat grogi karena banyak siswa terbaik yang dikirim mengikuti kompetisi.

"Ya memang sebelum ikut KSM, sempat ikut tes kemampuan di Kabupaten Malang," celoteh  siswa yang akrab disapa Rizki oleh teman sekolahnya itu.

Sebelumya, putra pasangan Iswanto dan Puji Rahayu ini diberikan pemantapan materi oleh guru pembinbing selama dua bulan, hal itu dimaksudkan agar saat pelaksanaan pada KSM di Kabupaten Jombang tersebut tidak grogi saat mengerjakan soal. Selain itu, dirinya  juga mengatur jam belajar saat berada di asrama. Pasalnya, ia harus memahami materi yang diberikan oleh guru pembimbing.

"Pesaing yang cukup berat, yakni siswa dari MAN 2 Malang karena madrasah tersebut selalu menjadi juara umum pada KSM provinsi tahun lalu," tutur Rizky kepada blokBojonegoro.com.

Kesenangannya pada mapel Matematika ini diakuinya sejak dirinya masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Menurutnya Matematika itu pelajaran yang memang untuk mengasah otak, bahkan selama ini nilai matematika yang diperolehnya selalu mendapat nilai tertinggi, sehingga dapat memotivasi dirinya menjadi yang terbaik di kelasnya.

Terpisah, guru pembimbing, Ainul Hidayati mengaku Rizki Firmansyah ini merupakan siswa yang mempunyai kecerdasan, bahkan dia selalu mendapat rangking pertama di kelasnya.

"Jadi tidak heran kalau dapat juara KSM tingkat Provinsi," beber guru Matematika yang akrab disapa Ainul itu.

Ainul menambahkan, sebelumnya, Rizky juga pernah mengikuti lomba Matematika yang dilaksanakan di UNUGIRI Bojonegoro, yang diikuti siswa sekarasidenan, dan syukur prestasi juara 1 didapatnya.

Dengan mendapat juara 3 pada KSM Provinsi kini, dirinya mempersiapkan untuk mengikuti KSM tingkat Nasional. "Ya mudah-mudahan bisa mendapat prestasi kembali dan bisa membawa nama harum MAN 1 Bojonegoro ke tingkat Nasional," harap Rizky kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]

Tag : profil, juara, ksm

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 05 December 2018 08:00

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya! erkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 13 December 2018 09:00

    Gadget Sebagai Pengganti Buku

    Gadget Sebagai Pengganti Buku Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more