12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tenaga Pengajar Diminta Meningkatkan Kompetensi

blokbojonegoro.com | Monday, 03 September 2018 12:00

Tenaga Pengajar Diminta Meningkatkan Kompetensi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Perkembangan dunia pendidikan terubah seiring perkembangan zaman, termasuk pola pengajaran. Sehingga tenaga pengajar diminta harus meningkatkan kompetensinya dalam proses belajar mengajar, agar siswa mampu memahami dan penerima materi yang disampaikan.

Pj Bupati Bojonegoro, Suprianto dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Badan Diklat Provinsi dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. "Sebab pendidikan memiliki peranan yang berkesinambungan dalam pembangunan bangsa dan negara. Masalah pendidikan adalah belum ada pemahaman yang komprehensif," terangnya saat membuka pelatihan di ruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro, Senin (3/9/2018).

Pegawai Pemprov Jawa Timur itu menjelaskan, seluruh jajaran kepala sekolah untuk meningkatkan kapasitasnya baik manajerial dan kepemimpinan. Sehingga dengan pendidikan dan pelatikan ini bisa memahami para peserta.

Pembukaan Diklat peningkatan BNN kompetensi Sumber Daya Alam bagi Kepala Sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP) tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dihadiri kepala organisasi perangkat daerah (OPD). "peserta yang ikut ada 80 orang, dengan rincian 40 kepala sekolah SMP dan 40 kepala sekolah SD," jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemkab Bojonegoro, Zainuddin.

Menurutnya, Diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 8 September di Gedung SMP Plus Model Terpadu Bojonegoro. "Tujuannya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di jenjang kependidikan," ungkapnya.

Untuk itu Diklat ini untuk memperkokoh spirit kepemimpinan, meningkatkan kemampuan manajerial sehingga adanya transformasi di jajaran kependidikan.

Kepala badan Diklat yang diwakili oleh Didik Dwianto menambahkan, saat ini dalam era teknologi informasi yang pengaruhnya memasuki dan merasuki dalam aspek kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Termasuk dampak cara pandang dalam pendidikan perubahan terhadap orang tua, guru dan masyarakat memerlukan perhatian yang serius dan besar dari semua pihak secara terpadu mulai guru, orang tua, Masyarakat dan pemerintah.

"Fungsi tenaga kependidikan tak hanya transfer ilmu namun mengukuhkan kedisiplinan, memotivasi dan menginspirasi siswa yang dikenal dengan pendidikan karakter," imbuhnya.

Dipaparkan pula, orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah harus dilakukan secara bersama-sama, sehingga peran kepala Desa sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan, disiplin, budaya sekolah dan perilaku peserta didik. Pasalnya perkembangan teknologi menuntut penguasaan pengetahuan dan pengembangan pendidikan secara terarah berkesinambungan. Sebab seorang Kepsek memiliki 5 kompetensinya kepribadian, inovasi, manajerial, supervisi dan sosial.

"Memperhatikan prestasi baik akademi dan non akademik. Hasil pelatihan ini harus dikembangkan dan mengapresiasi pelatihan dengan komitmen belajar dan usaha yang sungguh-sungguh kepada peserta Diklat agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : pendidikan, guru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat